Jenderal yang Bertugas di Korps Marinir TNI AL, Nomor 4 Pernah Jadi Komandan Upacara HUT RI di Istana

Senin, 20 Maret 2023 - 06:06 WIB
loading...
Jenderal yang Bertugas di Korps Marinir TNI AL, Nomor 4 Pernah Jadi Komandan Upacara HUT RI di Istana
Danpasmar I Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq pernah menjadi Komandan Upacara pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Istana Merdeka. Foto/Pasmar 1
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI A L mengisi sejumlah posisi penting di Korps Marinir saat ini. Tercatat ada lima jenderal TNI AL yang berada di pucuk pimpinan Kormar yang kesemuanya berasal dari kesatuan Marinir.

Pucuk tertinggi Korps Marinir dipimpin oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL dengan pangkat Mayor Jenderal (Mayjen), empat lainnya berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).



Korps Marinir dipimpin oleh seorang Komandan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI. Markas Komando Korps Marinir berkedudukan di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Pada saat ini, Korps Marinir terdiri dari tiga divisi yakni, Pasmar I di Cilincing, Jakarta Utara, Pasmar II di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, dan Pasmar III di Klaurung, Sorong, Papua Barat Daya.

Berikut jenderal yang bertugas di Korps Marirnir TNI AL:

1. Mayjen TNI (Marinir) Widodo Dwi Purwanto

Jenderal yang Bertugas di Korps Marinir TNI AL, Nomor 4 Pernah Jadi Komandan Upacara HUT RI di Istana


Widodo Dwi Purwanto resmi menjabat sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI AL. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur 26 Juni 1965 ini menjadi orang nomor satu di Korps Baret Ungu, yang merupakan pasukan elite TNI AL ke-24.

Mayjen TNI (Mar) Widodo menerima tongkat komando dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono dalam upacara serah terima jabatan yang digelar di Markas Komando Korps Marinir di Jalan Usman dan Harun No 40, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin 7 februari 2022.

Pengangkatan Mayjen Widodo sebagai Dankormar menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang diangkat menjadi Dankodiklatal, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jabatan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Pengangkatan Widodo sebagai Dankormar bukan tanpa alasan. Sebagai lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 angkatan ke-33, Mayjen Widodo pernah merasakan penugasan operasi di Aceh dan Timor-Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)