Benny Kisworo: Ganjar Soekarnois Sejati Terkait Tim Israel di Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 - 13:19 WIB
loading...
Benny Kisworo: Ganjar Soekarnois Sejati Terkait Tim Israel di Piala Dunia U-20
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung perhelatan Piala Dunia U-20 tanpa keikutsertaan Timnas Israel. Foto/Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung perhelatan Piala Dunia U-20 tanpa keikutsertaan Timnas Israel. Hal ini sesuai dengan amanat Bung Karno dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Atas sikap Ganjar ini pun mendapat dukungan, salah satunya dari Ketua Umum Kornas Relawan Pro Ganjar Pranowo (ProGP), Benny Kisworo, saat mengukuhkan Korwil dan 33 Korda Relawan ProGP se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Penolakan Ganjar terhadap tim Israel menunjukkan kecintaan dan penghormatan Ganjar terhadap komitmen besar Bung Karno tentang kemanusiaan dan kemerdekaan. Ganjar adalah Soekarnois sejati," kata Benny saat pengukuhan relawan ProGP se-Sumut di Kota Medan, Senin (27/3/2023) malam.


Benny Kisworo: Ganjar Soekarnois Sejati Terkait Tim Israel di Piala Dunia U-20

Selain itu juga, menurut Benny, penolakan terhadap tim Israel pada piala dunia U-20 di Indonesia ialah bentuk kepekaan kemanusiaan dan perlawanan Ganjar Pranowo terhadap penindasan dan penjajahan di muka bumi, sesuai amanat pembukaan UUD tahun 1945.

"Pembukaan UUD 1945 telah menyatakan jelas bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," tegas Benny.

"Penolakan Ganjar terhadap tim Israel juga merupakan implementasi dari amanat dan kontrubusi Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," pungkasnya.

Ganjar Tegaskan Amanat Soekarno

Sebelumnya, sebagai kader PDIP, Ganjar menegaskan prinsip dan amanat Soekarno menjadi landasan dalam berpikir. Terkait ini, Bung Karno tegas dan konsisten menyuarakan kemerdekaan Palestina.

"Sebagai kader PDIPsaya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan Conference of the New Emerging Forces," kata Ganjar saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Kamis (23/3/2023).

Mantan anggota Komisi II DPR itu menegaskan, di hari-hari belakang aksi kekerasan di Palestina oleh Israel juga cenderung meningkat. Ganjar menilai dukungan terhadap perjuangan Palestina harus diberikan lewat pernyataan sikap.

"Saya mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka. Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka," jelas Ganjar.

Terkait Piala Dunia U-20, Ganjar mengatakan sebagai tuan rumah, Indonesia diharapkan melanjutkan ajang tersebut tanpa kehadiran Timnas Israel.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," tegasnya.

Sebelumnya Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan PSSI dan beberepa menteri. Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

"Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)