1.083 Tahun Al-Azhar, OIAA Indonesia Gelar Khataman hingga Tebar Sembako dan Al-Qur'an

Selasa, 28 Maret 2023 - 11:23 WIB
loading...
1.083 Tahun Al-Azhar, OIAA Indonesia Gelar Khataman hingga Tebar Sembako dan Al-Quran
Ketua OIAA Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan memperingati Hari Jadi ke-1.083 Al-Azhar Internasional. Dalam kegiatan itu juga akan diberikan penghargaan kepada Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin.

Sejumlah kegiatan yang akan digelar antara lain webinar penguatan moderasi beragama, tebar 1.083 paket sembako dan 1.083 mushaf Al-Qur'an, 1.083 khataman Al-Qur`an, Salam Ramadan berupa video pendek keagamaan oleh alumni Al-Azhar dari seluruh Indonesia. Selain itu, akan dihelat juga resepsi Hari Al-Azhar Internasional ke-1083, yang sekaligus merupakan puncak peringatan.

Sasaran tebar 1.083 paket sembako adalah masyarakat yang membutuhkan di sekitar Kantor OIAA Cabang Indonesia di Bekasi dan kantor-kantor cabang di 23 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk kegiatan 1.083 kali khatam Al-Qur’an, melibatkan jaringan alumni yang mengelola pesantren di seluruh Indonesia.



Adapun untuk Salam Ramadan dilakukan melalui kanal Youtube OIAA di OIAA INDONESIA Channel dan akun instagram @oiaaindonesia dan @pusibaoiaa setiap pukul 17.00 selama bulan Ramadan.

Ketua OIAA Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi mengonfirmasi Wapres Ma'ruf Amin akan hadir pada resepsi Hari Jadi ke-1083 Al-Azhar Internasional, yang diselenggarakan pada Selasa, 28 Maret 2023, di Istana Wakil Presiden Jakarta.

"Wapres Ma’ruf Amin juga insyaallah berkenan memberikan sambutan dan amanat untuk alumni Al-Azhar di Indonesia. Peringatan tahun ini mengambil tema 'Al-Azhar Al-Syarif; Benteng Wasathiyyah dan Mercusuar Pembaharuan," kata TGB.

Dijelaskan TGB, Syekh Al-Azhar Prof Dr Ahmed Al-Tayeb, Ketua Pimpinan Pusat (PP) OIAA di Kairo, secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Wapres Ma'ruf Amin atas peran dan dukungan yang selama ini diberikan kepada Al-Azhar melalui dukungan terhadap OIAA Cabang Indonesia dan alumni Al-Azhar di Indonesia dalam memainkan peran menguatkan moderasi beragama di masyarakat . Moderasi beragama atau wasathiyah sendiri merupakan salah satu misi penting dakwah Al-Azhar di seluruh dunia.

Baca juga: Ramadan 2023, Masjid Agung Al Azhar Siapkan 700 Kantong Takjil Setiap Hari

Al-Azhar juga akan menganugerahkan penghargaan sebagai Tokoh Wasathiyah kepada Wapres Ma'ruf Amin. Penyerahan penghargaan tersebut akan dilakukan oleh Ketua OIAA Cabang Indonesia TGB M Zainul Majdi dalam rangkaian Resepsi Hari Al-Azhar Internasional ke-1083, Selasa (28/3/2023) di Istana Wapres Jakarta.

Sebelumnya, pada 16 Maret, OIAA Cabang Indonesia menyelenggarakan webinar dengan tema 'Masyarakat Sipil dan Moderasi Beragama: Visi, Strategi, Aksi' sebagai upaya meningkatkan peran masyarakat sipil dalam penguatan moderasi beragama. Dalam webinar itu menghadirkan narasumber dari Pengurus Pusat OIAA di Kairo seperti Prof Muhammad Al-Mahrashawi (Wakil Ketua PP OIAA, Rektor Univiversitas Al-Azhar 2017—2022) dan Mayjen Osama Yasin (Wakil Ketua PP OIAA).

Webinar juga menghadirkan para tokoh dari dalam negeri seperti Ketua Nahdhatul Wathan Diniah Islamiah (NWDI) dan Ketua OIAA Cabang Indonesia TGB M Zainul Majdi, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu'ti, Ketua Lakpesdam Nahdhatul Ulama (NU) KH Ulil Abshar Abdalla, Anggota Dewan Tafkir Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) Yusuf Burhanuddin, dan Koordinator Nasional Gusdurian Indonesia Alissa Wahid.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)