Ditantang Mahfud MD soal Transaksi Janggal Rp349 Triliun, Benny K Harman: Dengan Suka Cita

Minggu, 26 Maret 2023 - 12:59 WIB
loading...
Ditantang Mahfud MD soal Transaksi Janggal Rp349 Triliun, Benny K Harman: Dengan Suka Cita
Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Benny K Harman memastikan bakal hadir dalam RDP yang akan dihadiri Menko Polhukam, Mahfud MD, pada Rabu 29 Maret 2023. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat, Benny K Harman memastikan bakal hadir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP). Di RDP tersebut juga akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD , pada Rabu 29 Maret 2023.

Benny mengaku tak sabar menunggu penjelasan Mahfud MD soal transaksi janggal Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ia bakal mengadu logika dan argumentasi soal transaksi mencurigakan tersebut saat RDP di Komisi III DPR, nanti.

"Great. Dengan suka cita dan penuh gembira kami menyambut kedatangannya. Untuk kepentingan rakyat, kami siap adu logika, adu argumentasi dan adu kesetaraan dengan Pak Mahfud," kata Benny melalui akun Twitter pribadinya @BennyHarmanID, Minggu (26/3/2023).

"Agar DPR tidak hanya dijadikan rubber stamp, tukang stempel doang.Your most welcome pak Mahfud. #RakyatMonitor#," sambungnya.



MNC Portal Indonesia sudah meminta izin Benny K Harman untuk mengutip cuitannya tersebut. Cuitan Benny Harman tersebut merupakan tanggapan atas komentar Mahfud MD yang menantangnya untuk hadir saat RDP pada Rabu 29 Maret 2023, nanti.

Mahfud MD Pastikan Hadir di RDP DPR

Sebelumnya, Mahfud MD memastikan, akan hadir dalam RDP bersama Komisi III DPR RI pada Rabu, 29 Maret 2023. Ia akan menjelaskan ke Komisi III DPR soal transaksi janggal Rp349 triliun di Kemenkeu.

Mahfud juga meminta agar para Anggota Komisi III DPR yang lantang berbicara dan ingin tahu kejelasan soal transaksi janggal Rp349 triliun di Kemenkeu untuk hadir dalam RDP tersebut. Mereka yang lantang yakni, Benny K Harman dari Fraksi Demokrat dan Arteria Dahlan dari Fraksi PDIP.

"Bismillah. Mudah-mudahan Komisi III tidak maju mundur lagi mengundang saya, Menko Polhukam atau Ketua KNK-pp-TPPU. Saya sudah siap hadir. Saya tantang Saudara Benny K Harman juga hadir dan tidak beralasan ada tugas lain. Begitu juga Saudara Arteria dan Saudara Arsul Sani. Jangan cari alasan absen," ucap Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Minggu (26/3/2023).

Sekadar informasi, Komisi III DPR akan menggelar RDP dengan Komite TPPU di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Kepala PPATK Ivan Yustiavandana terkait dugaan TPPU Rp349 triliun di Kemenkeu pada Jumat, 24 Maret 2023. Namun, jadwal tersebut berubah menjadi pekan depan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, penundaan terjadi karena fraksi dan anggota turun ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

"Ya sebenarnya karena mengikuti mekanisme di DPR saja bahwa hari Jumat itu adalah hari untuk anggota dewan, kalau hari fraksi Jumat itu biasanya ke dapil," kata Dasco.

Mahfud MD hingga Sri Mulyani dipanggil DPR RI buntut pernyataannya berkaitan dengan transaksi janggal Rp349 triliun di Kemenkeu. Mahfud mengatakan berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya transaksi janggal Rp349 triliun berkaitan dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Tapi, kata dia, tidak sepenuhnya menyangkut Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu.

"Saya waktu itu sebut Rp300 triliun, sesudah diteliti lagi Rp349 triliun, dan saudara harus tahu bahwa TPPU itu sering menjadi besar karena menyangkut kerja intelegen keuangan," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)