Jaga Kesucian Ramadan, Wamenag Imbau Tak Gunakan Tempat Ibadah untuk Politik Praktis

Rabu, 22 Maret 2023 - 21:38 WIB
loading...
Jaga Kesucian Ramadan, Wamenag Imbau Tak Gunakan Tempat Ibadah untuk Politik Praktis
Wamenag Zainut Tauhid Saadi meminta kepada masyarakat tidak manfaatkan tempat ibadah untuk kegiatan politik praktis. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta kepada masyarakat tidak manfaatkan tempat ibadah untuk kegiatan politik praktis. Hal ini guna menjaga kesucian Ramadan 1444H/2023M

"Kita harus menjaga kesucian bulan Ramadan dan juga tempat-tempat ibadah untuk tidak dimanfaatkan kegiatan politik praktis karena itu akan bisa menimbulkan perpecahan antar umat," katanya, Rabu (22/3/2023).

Dia juga mengimbau kepada seluruh umat Islam agar bisa lebih menyiarkan dan mengisi bulan suci ini dengan amalan-amalan Ramadan yang lebih banyak. Hal ini karena ramadan dikenal dengan bulan yang penuh dengan rahmat dengan maghfirah. "insyaallah pahalanya dilipat gandakan," katanya.



Tidak hanya itu, dia mengajak kepada seluruh umat Islam untuk lebih meningkatkan ukhuwah persaudaraan. Karena menurut nya bulan Ramadan itu adalah bulan cinta kasih. "Bulan Ramadan itu bulan kasih sayang sehingga kita harus lebih merekatkan persaudaraan kita kepada seluruh umat manusia agar Indonesia ini menjadi negara yang barokah," kata dia.



Sebagai informasi, Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023. Keputusan tersebut diambil dalam sidang isbat yang dilaksanakan hari ini, Rabu (22/3/2023).

“Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi antara 6 derajat 46,2 menit sampai 8 derajat 43,2 menit dengan sudut elongasi 7, 93 derajat sampai 9,54 derajat. 124 titik rukyatul hilal ada beberapa orang melihat hilal, oleh karena itu sudah di atas ufuk dan kriteria MABIMS. Oleh karena itu secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444H jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023,"kata Menag Yaqut Cholil Qoumas saat pembacaan hasil sidang isbat di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)