Survei LPMM: Gen Z dan Y Pilih Airlangga dan Partai Golkar

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:35 WIB
loading...
A A A
Sedangkan tingkat optimisme Gen Z dan Y dalam menjalani kehidupan dalam lima tahun ke depan sebanyak 79,2% sangat optimistis akan lebih baik dari sekarang. Lalu, sebanyak 14,2% pesimistis dengan kehidupan akan membaik dalam lima tahun mendatang akibat dampak Covid 19, dan selebihnya 6,3% tidak menjawab.

Sementara itu, persepsi terhadap institusi Polri yang dalam beberapa kasus hukum melibatkan internal, banyak menarik perhatian Gen Z dan Y di media sosial. Hasil survei LPPM menunjukkan 82,8% Gen Z dan Y mempersepsikan institusi Polri berhasil memperbaiki performance. Mereka merasa puas dan percaya institusi Polri akan terus lebih profesional, transparan, serta sangat merespons keluhan-keluhan masyarakat.

Dalam layanan penegakan hukum di Indonesia, sebanyak 7,6% mempersepsikan institusi Polri belum dapat dipercaya dan memuaskan, dan selebihnya 9,6% tidak menjawab.

Menanggapi hasil survei LPMM ini, pengamat politik Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Oktiva Anggraini mengatakan hal yang wajar jika dukungan terhadap capres di kalangan Gen Z dan Y lebih memilih Airlangga Hartarto. "Jika melihat sosok Airlangga Hartarto cukup besar menjadi Capres 2024, karena memang kekuatan politik saat ini merata," ucapnya.

Namun, ia mengingatkan keberhasilan untuk menjadi capres sangat ditentukan oleh mesin politik. Maka dari itu, Airlangga harus cermat mengisi waktu tersisa dengan membentuk berbagai relawan politik, tim medsos, serta menarik berbagai tokoh penting untuk menopang kekuatan di 2024. "Kalau bisa diramu dengan baik, pasti bisa menjadi capres terkuat di 2024," kata Oktiva Anggrain.

Oktiva Anggraini melihat pandangan Gen Z dan Y cukup positif terhadap Partai Golkar yang dipimpin Airlangga. Hal itu karena Golkar mampu mengisi ruang milenial di media sosial, konten kreatif tentang kinerja, dan program kerja juga cukup bagus disampaikan melalui saluran digital. kemudian figur-figur muda potensial berbasis milenial juga banyak yang bergabung di Golkar.

"Cara terbaik saat ini adalah mendekatkan diri dengan generasi milenial, yaitu melalui kekuatan media sosial. Ciptakan konten kreatif dan ikuti selera milenial dengan berbagai program inovatif. Kalau untuk publik umum, tentu Airlangga Hartarto dan Golkar harus blusukan juga. Terus, gulirkan program penguatan UMKM," saran Oktiva.

Dia melihat tingginya dukungan milenial karena rekam jejak Airlanggga cukup bagus. Airlangga juga tidak pernah tersadung kasus korupsi. Sebab biasanya Gen Z dan Y melihat figur apakah pernah tersangkit korupsi atau tidak. "Jadi untuk Airlangga saya menjamin banyak Generasi Z memberikan dukungan karena memang tokoh bersih," ucapnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)