Momen Kekompakan Jokowi dan Prabowo, Bareng Petani Papua Tanam Jagung di Food Estate

Rabu, 22 Maret 2023 - 09:36 WIB
loading...
Momen Kekompakan Jokowi dan Prabowo, Bareng Petani Papua Tanam Jagung di Food Estate
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto menanam jagung di lahan lumbung pangan Kabupaten Keerom, Papua. Foto/Tim Media Prabowo
A A A
KEEROM - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau food estate atau lumbung pangan di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (21/3/2023). Bersama Jokowi, Prabowo berbaur dengan para petani menanam benih jagung menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

Food estate merupakan program yang dicanangkan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan cadangan pangan nasional sebagai antisipasi menghadapi krisis pangan sekaligus upaya pemerintah untuk menuju kemandirian pangan. Di Kabupaten Keerom sendiri, keberadaan food estate diharapkan dapat mengembalikan kejayaan ekonomi masyarakat.



Jokowi menjelaskan, pemerintah akan menyiapkan 10.000 hektare untuk program ketahanan pangan yang akan ditanami jagung. Pada tahap awal, lanjutnya, telah disiapkan land clearing, sementara pengolahan tanah baru sekitar 500 hektare.

“Di Kabupaten Keerom akan disiapkan kurang lebih 10.000 hektare untuk penanaman jagung. Pengolahan tanah baru 500 hektare, tahun depan 2.500 hektare. Tetapi yang ditanam hari ini baru 100 hektare,” jelas Jokowi.

Untuk hasil panen sendiri, Jokowi menyebut panen pertama baru dapat dilihat pada bulan Juni mendatang. Menurutnya, salah satu faktor keberhasilan panen jagung ini dapat dilihat dari struktur tanah yang rata atau datar.

“Nanti kita akan lihat pada bulan Juni akan panen yang pertama. Berapa ton per hektar yang akan kelihatan. Tapi saya lihat ini feasible karena tanahnya rata atau datar. Hanya memang tidak mungkin sekali tanam langsung menghasilkan seperti di Jawa,” ungkap Jokowi.



Masyarakat yang ikut datang dan melihat proses penanaman benih jagung ini berharap, ke depan pemerintah bisa memaksimalkan dan mengembangkan lahan yang dikelola oleh petani, sehingga dampaknya dapat langsung dirasakan oleh semua warga.

Peninjauan food estate ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Papua, yang dimulai dengan meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura.

Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan menemui masyarakat dan pedagang di Pasar Youtefa guna mengecek kondisi harga komoditas. Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga membagikan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)