Kaulinan Barudak, Permainan Anak Khas Sunda yang Masih Jadi Favorit Generasi Milenial

Senin, 20 Maret 2023 - 23:58 WIB
loading...
Kaulinan Barudak, Permainan Anak Khas Sunda yang Masih Jadi Favorit Generasi Milenial
Sesepuh Kasundaan Bah Apu/Ahmad Antasena menyatakan Paguyuban Baraya Sunda terus melakukan pelestarian budaya Sunda melalui kaulinan barudak atau permainan anak. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sesepuh Kasundaan Bah Apu/Ahmad Antasena menyatakan Paguyuban Baraya Sunda terus melakukan pelestarian budaya Sunda melalui kaulinan barudak atau permainan anak.

Pihaknya pun mengatakan sering mengadakan kegiatan yang memperkenalkan permainan khas Sunda kepada anak-anak milenial dan gen Z.

Meski mulai jarang ditemui, Bah Apu menyatakan masih ada beberapa permainan yang masih digemari anak-anak di Jawa Barat khususnya. "Yang paling banyak digemari anak-anak itu panggal," kata Bah Apu dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Senin (20/3/2023).



Perlu diketahui, panggal yang biasa disebut gasing merupakan permainan tradisional yang biasanya terbuat dari kayu yang dibuat melonjong yang berputar pada poros yang terbuat dari paku. Selain panggal, menurut Bah Apu juga di sejumlah daerah di Jawa Barat masih ada yang bermain egrang.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)