KORAN SINDO Borong 4 Penghargaan SPS Awards 2023

Senin, 20 Maret 2023 - 23:25 WIB
loading...
KORAN SINDO Borong 4 Penghargaan SPS Awards 2023
Direktur Content, Regional dan Sirkulasi SINDO MEDIA sekaligus Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Pung Purwanto bersama Redaktur Pelaksana Artistik Win Cahyono dan jurnalis Sabir Laluhu berfoto dengan empat piala yang diraih KORAN SINDO dalam ajang Serikat Peke
A A A
JAKARTA - KORAN SINDO meraih empat penghargaan sekaligus dalam dua kategori utama di ajang Serikat Pekerja Pers (SPS) Awards 2023.

Empat penghargaan tersebut yakni Gold Winner Indonesia Young Readers Awards (IYRA) 2023 untuk berita KORAN SINDO edisi Sabtu, 6 Agustus 2023 pada rubrik Gen SINDO dengan judul "Jangan Asal Main di Medsos".

Silver Winner Print Media Awards (IPMA) 2023 subkategori cover media cetak nasional Indonesia untuk cover KORAN SINDO edisi Rabu, 2 Februari 2022. Berikutnya, dua Bronze Winner IPMA 2023 subkategori cover media cetak nasional Indonesia untuk cover KORAN SINDO edisi Kamis, 6 Oktober 2022 dan cover KORAN SINDO edisi Jumat, 30 Desember 2022.

Pengumuman pemenang dan penyerahan piala berlangsung saat perhelatan puncak SPS Awards 2023, di Merlynn Park Hotel, Senin (20/3/2023) malam.



Empat piala tersebut diterima langsung Redaktur Pelaksana Artistik KORAN SINDO Win Cahyono, dengan tiga piala terakhir diserahkan oleh Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) terpilih periode 2023-2027 Januar P Ruswita.

Selain itu, portal media milik MNC Group yakni Okezone.com meraih Bronze Winner Indonesia Digital Media Awards (IDMA) 2023 subkategori website media massa.



Redaktur Pelaksana Artistik KORAN SINDO Win Cahyono mengatakan, redaksi KORAN SINDO bersyukur berhasil meraih empat piala bergengsi SPS Awards untuk dua kategori utama yakni IYRA dan IPMA. Penghargaan ini menjadi bukti KORAN SINDO sebagai media cetak nasional yang telah memberikan desain-desain dan konten terbaik kepada para pembaca.

"Empat penghargaan ini menjadi bukti kita bisa bersaing dengan media-media lainnya. Ini penghargaan nasional dari SPS. Penghargaan nasional yang bergengsi. Jadi, kami KORAN SINDO masih terus berkomitmen di bidang desain dan grafis, kita tetap fokus. Alhamdulillah kita tiap tahun langganan dapat penghargaan SPS. Ke depan kita akan fokus untuk kita dapat gold di IPMA tahun depan," tegas Win di sela acara.

Dia menekankan, redaksi KORAN SINDO tetap optimistis ke depan akan tetap dan terus menghadirkan desain dan konten yang berkualitas. Selain itu, redaksi akan melakukan evaluasi apa saja yang masih kurang untuk kemudian diperbaiki dan lebih ditingkatkan. Apalagi tutur Win, saat ini media massa dihadapkan pada digitalisasi. Oleh karena itu, KORAN SINDO pun fokus pada e-paper.

"Jadi, kita bukan bersaing dengan media digital tetapi kita berkolaborasi dengan digital dan kita menghadirkan e-paper KORAN SINDO. Sehingga, kita memberikan yang terbaik untuk di e-paper kita," ujar Win.

Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) Januar P Ruswita menyatakan, SPS dan para anggota SPS telah dan terus menghadirkan produksi jurnalisme berkualitas dan berdampak bagi masyarakat luas, termasuk guna mendukung Pemilu Serentak 2024 berlangsung secara damai, berlandaskan keutuhan, kesatuan, dan kemajuan bangsa.

Menurut Januar, ajang SPS Awards yang juga diikuti oleh penerbit pers anggota SPS menegaskan pentingnya menghadirkan karya jurnalisme berkualitas bagi keberlanjutan media massa di Tanah Air serta bagi keberlangsungan pemilu damai sebagai produk demokrasi. Ajang SPS Awards 2023 sendiri merupakan puncak apresiasi bagi para pegiat media.

"Dari total 542 karya yang dikompetisikan, terlihat media terus melakukan banyak terobosan. Mengusung tema besar 'Kolaborasi dan Inovasi untuk Kemandirian Pers Indonesia', perhelatan SPS Awards 2023 menegaskan semangat dari para pejuang industri pers dalam mengarungi dinamika perkembangan zaman yang penuh ketidakpastian. Semangat untuk senantiasa berkolaborasi, semangat untuk terus berinovasi. Semua itu demi menjaga marwah, menjaga kemandirian, agar pers dapat terus menjalankan peran sebagai bagian dari pilar demokrasi," tegas Januar.

Secara keseluruhan, ajang SPS Awards 2023 terdiri atas lima kategori, yakni Indonesia Print Media Awards (IPMA), Inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Student Media Awards (ISPRIMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA). Kategori-kategori ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya,

Penyaringan dan penjurian dilakukan sepanjang kurang lebih tiga bulan oleh panitia dan dewan juri. Para Dewan Juri SPS Awards 2023 terdiri dari Ahmad Djauhar (Jurnalis Senior), Pung Purwanto (Direktur Content, Regional dan Sirkulasi SINDO MEDIA sekaligus Pemimpin Redaksi KORAN SINDO), Oscar Motulloh (Kurator dan Pewarta Foto Independen), Danu Kusworo (Redaktur Foto Harian Kompas), Mas Sulistyo (Creative Director DM ID), Ika Sastrosoebroto (Founder and CEO Prominent PR), dan Jojo S Nugroho (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)