PKB 3 Besar Versi SMRC, Cak Imin Ingatkan Kader Tetap Kerja Keras

Senin, 20 Maret 2023 - 14:37 WIB
loading...
PKB 3 Besar Versi SMRC, Cak Imin Ingatkan Kader Tetap Kerja Keras
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar meminta seluruh kader dan pengurus PKB tidak terlena dengan hasil survei yang dirilis SMRC. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Abdul Muhaimin Iskandar meminta seluruh kader dan pengurus PKB tidak terlena dengan hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Berdasarkan survei itu, elektabilitas PKB mencapai 10,3% atau masuk tiga besar mengungguli Partai Golkar.

"Kepada seluruh kader dan pengurus, survei itu salah satu indikator. Yang lebih penting dari survei itu pembuktian, jangan lena, jangan lalai, jangan terlalu cepat puas, kita harus bekerja keras membuktikan PKB bisa juara dua di Pemilu 2024," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar di Gresik, Jawa Timur, Minggu (19/3/2023) malam.

Cak Imin mengaku sangat bersyukur atas meningkatnya tren elektabilitas PKB berdasarkan hasil survei SMRC dan sejumlah lembaga survei lainnya. Ia optimistis PKB dapat bertengger di juara dua nasional jika semangat dan kerja keras seluruh kader dan pengurus tetap bergelora.

Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas PDIP, Gerindra, PKB Naik

"Alhamdulillah kita sangat bangga, bersyukur, beberapa lembaga survei, terakhir SMRC, kenaikan PKB cukup signifikan dan ada beberpa lembaga survei yang menunjukkan tren elektabilitas kita menuju dua besar," ujar Cak Imin.

Wakil Ketua DPR bidang Korkesra itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh kader dan pengurus PKB di semua tingkatan atas kerja keras mereka, sehingga tren elektabilitas PKB terus meningkat. "Saya minta kita terus bekerja untuk mewujudkan survei itu nyata di 2024. Target kita setidak-tidaknya juara 2," katanya.

Secara khusus, Cak Imin juga menargetkan PKB menang dengan perolehan minimal 30% di Jawa Timur. Saat ini, hasil survei internal PKB elektabilitas PKB di Jawa Timur sudah berada di posisi teratas dengan capaian 24%.

"Untuk Jatim kita juga sangat tinggi, tapi belum sampai target kita 30% di Jatim sehingga kita bisa menentukan arah pembangunan Jatim ke depan," tukas Cak Imin.

Untuk diketahui, SMRC merilis survei terbaru pada Maret 2023. Hasilnya, PDIP mendapatkan dukungan terbesar 23,4%; disusul Gerindra 14,1%; PKB 10,3%; Golkar 9,1%; Nasdem 7%; Demokrat 5,9%; PKS 5,7%; PPP 2,4%; dan PAN 1,9%.

"Elektabilitas Gerindra naik dari 12,6% menjadi 14,1%. PKB juga mengalami sedikit penguatan dari 9,7% menjadi 10,3%. Sementara partai-partai lain mendapatkan dukungan lebih rendah dari perolehan Pemilu 2019. Elektabilitas sebagian besar partai belum pulih," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam keterangannya yang dikutip, Senin (20/3/2023).

Sementara partai peserta pemilu lainnya mendapatkan suara di bawah 1%. Adapun responden yang belum tidak menjawab atau belum mengetahui sikap politiknya sebesar 15,3%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)