3 Faktor TGB Zainul Majdi Layak Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Minggu, 19 Maret 2023 - 21:04 WIB
loading...
3 Faktor TGB Zainul Majdi Layak Jadi Cawapres di Pilpres 2024
Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGB Muhammad Zainul Majdi dinilai cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menyebut Tuan Guru Bajang ( TGB) Muhammad Zainul Majdi cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024. Menurutnya, sosok kepemimpinan TGB sudah tidak diragukan lagi.

Pengamat politik asal Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno sepakat dengan pernyataan Ketum Partai Perindo. Ia menilai pernyataan HT sangat rasional karena ada tiga faktor yang menjadikan sosok TGB layak menjadi cawapres di Pilpres 2024.

"Saya kira cukup rasional kalau kemudian Pak Hary Tanoe itu menyebut TGB sebagai salah satu cawapres yang layak diperhitungkan di Pilpres 2024," kata Adi Prayitno kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (19/3/2023).



Faktor pertama, Adi melihat sosok TGB cukup populer. Bahkan nama TGB sebenarnya sudah masuk dalam radar Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. TGB Zainul Majdi dinilai sebagai sosok yang mempunyai kapasitas dan kompeten untuk menjadi pemimpin bangsa.

"Jadi, sangat rasional pernyataan Pak HT, karena memang Pak TGB ini populer, popularitasnya relatif leading dan oke," katanya.

Kedua, sambung Adi, TGB merupakan sosok yang terkenal dan mempunyai banyak massa di luar Pulau Jawa. Pendukung TGB di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah tidak diragukan lagi. Ia adalah sosok yang sangat dibutuhkan bagi calon presiden (capres) yang berasal dari Jawa.

"TGB ini memiliki sosok non-Jawa, itu penting, karena biasanya referensi pilihan politik publik soal capres dan cawapres selalu akan melihat siapa capres dan cawapres yang memenuhi kuota Jawa dan non-Jawa. Dalam konteks itulah kemudian sosok TGB layak untuk diperhitungkan, karena populer dan mewakili figur non Jawa," ujarnya.

Baca juga: Disebut Jadi Sosok Cawapres Alternatif, TGB Punya Peluang Baik Raup Suara

Terakhir, kata Adi, TGB memiliki irisan figur yang cukup kuat di kalangan Islam moderat. TGB terkenal dengan pemikiran Islam yang moderat. Apalagi, ilmunya soal agama Islam sangat mumpuni karea ia merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Mesir.

"TGB yang berlatar belakang sekolah di Al-Azhar, saya kira pikiran-pikirannya sudah banyak dicerna oleh publik dan Islamnya adalah Islam yang soft, yang moderat gitu, tidak mempertentangkan Islam dengan demokrasi, tidak mempertentangkan Islam dengan NKRI, tidak mempertentangkan Islam dan Pancasila," katanya.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) ini menilai sangat rasional jika TGB diusulkan menjadi cawapres di Pilpres 2024. Sebab, ada tiga potensi maupun keunggulan TGB jika maju sebagai cawapres di Pilpres 2024.

"Kelebihannya tiga, populer, mewakili sosok figur non Jawa, ketiga sangat kelihatan bahwa TGB itu mewakili kalangan Islam. Tinggal disosialisasikan bagaimana menerjemahkan TGB itu sebagai sosok yang sangat siap untuk maju, dan tentu saja harus mencari kira-kira siapa pasangan capres untuk bisa berduet," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)