Podcast Aksi Nyata, Paguyuban Baraya Sunda Manfaatkan Medsos Jadi Alat Sosialisasi Budaya

Kamis, 16 Maret 2023 - 20:50 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata, Paguyuban Baraya Sunda Manfaatkan Medsos Jadi Alat Sosialisasi Budaya
Sesepuh Paguyuban Baraya Sunda Bah Udin Shamsudin dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Melestarikan Budaya Ka Sundaan Melalui Ekstensi Paguyuban, Kamis 16/3/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Paguyuban Baraya Sunda terus melakukan program untuk melestarikan budaya Sunda di tengah gempuran globalisasi saat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital yang digandrungi masyarakat, yakni media sosial.

Sesepuh Paguyuban Baraya Sunda Bah Udin Shamsudin menyatakan meski pihaknya melestarikan budaya tradisional, namun tidak menutup diri dari teknologi. Menurutnya, dengan teknologi dapat memberikan manfaat dalam sosialisasi budaya.



"Itu pasti, karena di era digital ini untuk mengenalkan kaulinan barudak itu sendiri kita perlu namanya media sosial, teknologi, dan sebagainya," ujar Udin dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Melestarikan Budaya Ka Sundaan Melalui Ekstensi Paguyuban', Kamis 16/3/2023).

"Maka dari itu kita sangat membutuhkan sekali yang namanya teknologi, kita tidak terpaku dengan alat tradisional itu sendiri tapi memanfaatkan teknologi yang ada semaksimal mungkin," sambungnya.

Bah Udin berpesan kepada generasi milenial dan gen z khususnya untuk tidak hanya menggeluti budaya asing yang saat ini menjadi favorit dari generasi tersebut. Dia menuturkan sebagai orang Indonesia yang memiliki beragam budaya, perlu juga mempelajari budaya lokal.

"Cintailah budaya negeri kita, karena kita Indonesia punya banyak sekali budaya dan alat-alat permainan zaman dahulu yang harus dikembangkan," ucapnya.



"Maka dari itu yuk kaum-kaum milenial kita kembangkan permainan zaman dahulu yang nenek moyang kita kembangkan dari dulu," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)