4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat

Rabu, 15 Maret 2023 - 22:49 WIB
loading...
4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat
Mantan Kabaintelkam Polri Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpaw saat ini menjawab Pj Gubernur Papua Barat. FOTO/DOK.iNews
A A A
JAKARTA - Terdapat empat Kabaintelkam yang sempat menduduki jabatan Wakabaintelkam Polri. Salah satunya kini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat.

Kabaintelkam adalah singkatan dari Kepala Badan Intelijen dan Keamanan. Mengutip keterangan di situs Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK), Baintelkam memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan penyelidikan, penggalangan, dan pengamanan dalam upaya pencegahan dan antisipasi terhadap segala bentuk ancaman. Menurut UU No 17 Tahun 2011 Pasal 12 ayat 1, dalam menjalankan fungsinya, satuan di bawah Polri ini akan bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Intelijen Kejaksaan, Intelijen TNI, serta Intelijen Kementerian/Lembaga.

Hingga saat ini Baintelkam Polri dianggap sebagai satuan elite yang bergerak di balik layar. Para anggotanya juga wajib punya pengalaman di bidang intelijen. Tak heran bila beberapa Perwira Tinggi (Pati) Polri yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Baintelkam ditunjuk sebagai Kabaintelkam.

Berikut profil singkat empat Kabaintelkam yang merintis karier dari Wakabaintelkam:

1. Komjen Pol (Purn) Suparni Parto Setiono

4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat

FOTO/POLDA JABAR

Purnawirawan Polri ini lahir pada 7 September 1956. Dia sempat menjabat sebagai Wakabaintelkam pada 2011, sebelum akhirnya diangkat jadi Kabaintelkam di 2013.

Kariernya sebagai intel mulai dirintis ketika ditunjuk menjadi Kanit Intelkam Polda Bengkulu pada 2000. Setelah itu dia sempat dipercaya untuk menjadi Dir Intelkam Polda Bengkulu pada 2003, dan Dirintelkam Polda Sulsel pada 2006.

Suparni juga pernah mengemban jabatan sebagai Dirintelkam Polda Metro Jaya pada 2006 dan Mabes Polri di 2009. Selanjutnya ia ditunjuk menjadi Staf Ahli Kepala BIN Bidang Ideologi dan berlanjut sebagai Kapolda Jabar sepanjang 2010 sebelum akhirnya menjadi Wakabaintelkam Polri.

2. Komjen Pol (Purn) Djoko Mukti Haryono

Komjen Pol (Purn) Djoko Mukti pernah menjabat Wakabaintelkam mendampingi Kabaintelkam Komjen Suparni Parto Setiono. Setelah Suparni pensiun pada 1 Oktober 2014, barulah Djoko Mukti naik pangkat menjadi Kabaintelkam.

Jebolan Akabri 1981 ini memang dikenal memiliki banyak pengalaman di bidang intel. Dia sempat jadi Dir Intelkam Polda Kalimantan Selatan, Polda Sulawesi selatan, dan Polda Jawa Barat. Selain itu, pria asal Malang ini juga sempat menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah pada awal 2013.

3. Komjen Pol (Purn) Lutfi Lubihanto

4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat

FOTO/INSTAGRAM POLISI INDONESIA

Komjen (Purn) Lutfi Lubihanto sempat menjabat sebagai Kabaintelkam Polri pada 2016 sebelum akhirnya pensiun pada 20019. Dia sempat menjabat sebagai Wakabaintelkam pada 2015. Sebelumnya, pria kelahiran 23 Januari 1961 ini sempat dipercaya menjadi Kapolda Jambi.

Pengalamannya di bidang intel ditunjukkan ketika pernah menjabat sebagai Wadir Intelkam Polda Jateng di tahun 2005.

4. Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw

4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat

FOTO/REUTERS

Komjen Pol (Purn) Paulus menjadi satu satunya mantan Wakabaintelkam yang tidak langsung diangkat jadi Kabaintelkam. Pria yang lahir pada 25 Oktober 1963 ini menjabat sebagai Wakabaintelkam pada 18 April 2017. Kurang dari 2 bulan menjabat, dia dipindahtugaskan menjadi Kapolda Sumatera Utara pada 2 Juni 2017.

Kemudian, pada Agustus 2018, Paulus ditunjuk sebagai Tenaga Ahli Bidang Hukum dan HAM Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas). Lalu dipercaya untuk jadi Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri di Oktober 2018.

Perwira tinggi (Pati) Polri asal Fakfak ini juga sempat jadi Kapolda Papua pada 2019 sebelum akhirnya diangkat jadi Kabaintelkam pada Februari 2021.

Setelah pensiun, Paulus dipercaya menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Pengelola Perbatasan (BNPP) Republik Indonesia sejak 21 Oktober 2021. Beberapa bulan kemudian, atau tepatnya 12 Mei 2022, Paulus resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)