Pemerintah Apresiasi Cakupan UHC di Daerah, Kota Semarang Tertinggi

Rabu, 15 Maret 2023 - 17:19 WIB
loading...
Pemerintah Apresiasi Cakupan UHC di Daerah, Kota Semarang Tertinggi
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan UHC Award 2023 kepada Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada provinsi dan kabupaten/kota atas capaian Program Universal Healt Coverage (UHC) di daerahnya masing-masing. Salah satunya adalah Kota Semarang yang cakupan UHC-nya dinilai paling tinggi, mencapai 99,23%.

Untuk diketahui, UHC adalah sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga dalam satu wilayah memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan bermutu dan terjangkau. Pemberian penghargaan kepada 22 Provinsi dan 344 kabupaten/kota telah digelar pada Selasa (14/3/2023) di Balai Sudirman Jakarta.

"Saya minta Pemerintah daerah dapat mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia, dan masyarakat terlantar," kata Wapres dalam acara Penyerahan Penghargaan UHC.

Pemberian penghargaan dilakukan secara bergantian oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, dan lainnya.

"Alhamdulillah Kota Semarang menjadi salah satu yang tertinggi di dalam capaian UHC. Sampai dengan bulan Maret ini, angkanya sudah mencapai 99,23%. Harapannya angka capaian tersebut bisa segera menyentuh angka 100%," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu usai menerima penghargaan UHC yang diberikan Mendagri Tito Karnavian.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan buah komitmen Pemkot Semarang dalam memberikan fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakatnya. Pada tahun ini, Pemerintah Kota Semarang menganggarkan sekitar Rp47 miliar untuk program UHC. Nanti Pemkot juga akan menambah sebesar Rp14 miliar pada APBD Perubahan 2023.

"Kita harapkan kalau kita mau 100%, kita perlu menyisihkan lagi anggaran dari APBD untuk tambahan kerja sama dengan BPJS. Tapi ini merupakan komitmen kita bersama. Kita berharap, tahun ini atau maksimal tahun depan 100% sudah bisa tercapai," katanya.

Sementara, 22 provinsi yang meraih penghargaan UHC adalah Aceh, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara. Kemudian Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Papua, Papua Barat, Papua Selatan Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)