Kaum Muda Perempuan Masih Hadapi Tantangan dalam Partisipasi Politik

Rabu, 15 Maret 2023 - 22:13 WIB
loading...
A A A
”Nantinya, surat bersama (joint letters) yang telah dibuat oleh perwakilan kelompok kaum muda akan dikirimkan kepada para pemimpin politik, salah satunya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Harapannya aspirasi politik kaum muda dapat didengar oleh perwakilan rakyat maupun para politisi,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Jurnal Perempuan Abby Gina menerangkan, partisipasi kaum muda dan perempuan dalam politik merupakan syarat dari demokrasi yang inklusif.

“Penting untuk memberikan perhatian dan penguatan bagi perempuan dari kelompok muda, sebab mereka kerap mengalami tantangan berlapis untuk memasuki dunia politik yang identik sebagai ruang yang maskulin. Mereka terpinggirkan karena gender dan usia yang masih muda. Dukungan politik yang seutuhnya bagi kaum muda perempuan hanya bisa dicapai melalui kolaborasi dari berbagai pihak,” ucapnya.

Tsamara Amany, politikus muda mendorong agar lebih banyak ruang politik yang terbuka bagi partisipasi kaum muda, khususnya perempuan. "Kita perlu mengikutsertakan kelompok muda dan perempuan dalam politik, untuk memastikan praktik politik kita benar-benar utuh dan setara,” ucapnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)