Menteri LHK Apresiasi Kominfo Bantu Diseminasi Informasi Cegah Karhutla

Jum'at, 17 Juli 2020 - 19:01 WIB
loading...
Menteri LHK Apresiasi Kominfo Bantu Diseminasi Informasi Cegah Karhutla
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Foto/FMB9 Kementerian Kominfo
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar berterima kasih terhadap upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang aktif berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Kominfo telah membantu diseminasi informasi tentang pencegahan karhutla melalui berbagai kanal komunikasi," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar disampaikan dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Antisipasi Karhutla di Pusaran Pandemik" yang diselenggarakan di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Saat ini, kata dia, pihaknya tengah memerlukan bantuan dalam menyebarkan informasi terkait dengan karhutla kepada masyarakat luas di Indonesia. Agar, masyarakat di kawasan rawan tersebut menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan dari peristiwa kebakaran yang dapat terjadi.

( )

Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menyukseskan pencegahan karhutla di kawasan rawan tersebut. "Bagi Kementerian LHK sangat penting memberikan informasi tentang pencegahan karhutla pada masyarakat," imbuhnya.

Bantuan diseminasi informasi di atas, tambah Siti, juga diperlukan dalam menangkis setiap isu yang kurang tepat terkait karhutla dari luar negeri. Ia memberikan contoh, pada Minggu (5/7/2020) ada isu yang mengatakan kepulan asap dari salah satu wilayah di Sumatra mencapai Thailand.

Isu tersebut tidak benar begitu di konfirmasi oleh Kementerian LHK kepada perwakilan Indonesia di negara tersebut.

"Kabar tersebut, disebarkan melalui salah satu media di sana, kemudian menjadi framing internasional. Kenyataannya tidak terjadi seperti itu," katanya.

Bantuan kominfo, dalam diseminasi informasi tentunya berpotensi besar dalam meredam isu yang tidak benar tersebut. Sehingga, masyarakat di dalam dan orang luar negeri pun dapat mengetahui kenyataan yang sebenarnya.

"Konjen bertemu kepada otoritas di negara Thailand yang berkaitan dengan lingkungan mengatakan dia tidak merasa menyebutkan asap tersebut dari Indonesia," pungkasnya.

Turut tampil sebagai narasumber Diskusi Media FMB9 Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jhonny Gerard Plate. Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di www.fmb9.go.id, FMB9ID_ (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID_IKP (Youtube).
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2629 seconds (0.1#10.140)