WNI Disandera, Pemerintah Disarankan Bentuk Aliansi RI-PNG

Kamis, 17 September 2015 - 16:51 WIB
WNI Disandera, Pemerintah Disarankan Bentuk Aliansi RI-PNG
WNI Disandera, Pemerintah Disarankan Bentuk Aliansi RI-PNG
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Hanafi Rais mendorong pemerintah membangun aliansi strategis di bidang diplomasi politik dan militer antara Indonesia dan Papua Nugini (PNG).

Aliansi strategis pada dua bidang tersebut dalam rangka membebaskan dua warga negara Indonesia (WNI) yang disandera sekelompok orang bersenjata di Papua.

"Pemerintah bisa bangun aliansi strategis dengan Papua Nugini untuk melakukan membebaskan sandera. Karena lokasi sandera sudah di negara lain," kata Hanafi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Hanafi mengatakan, selain menggunakan saluran diplomatik, pemerintah melalui angkatan bersenjatanya juga memiliki pendekatan intelijen atau operasi militer.

Menurut Hanafi, jalur ini lumrah ditempuh militer saat melakukan pembebasan sandera. "Mau gunakan diplomasi atau militer, tergantung intensitas masalah," ucap Hanafi.

"Kita juga harus ingat tugas konstitusional kita untuk menjaga perdamaian dunia. Jadi harus utamakan upaya diplomatis daripada cara militerisme," imbuhnya.

Pilihan:

WNI Disandera, Jokowi Akan Telepon PM Papua Nugini
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5918 seconds (0.1#10.140)