Hebat! 7 Jet Tempur F-16 A/B TNI AU Berhasil Di-upgrade lewat Program Falcon Star eMLU

Minggu, 12 Maret 2023 - 06:08 WIB
loading...
Hebat! 7 Jet Tempur F-16 A/B TNI AU Berhasil Di-upgrade lewat Program Falcon Star eMLU
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau Program Falcon Star Enhanced Mid Life Update (eMLU) di Lanud Iswajudi, Magetan, Jawa Timur. Foto/Puspen TNI
A A A
JAKARTA - Program Falcon Star Enhanced Mid Life Update (eMLU) berhasil meng-upgrade tujuh dari sepuluh pesawat F-16 A/B TNI AU. Seluruh pesawat tersebut di modernisasi di Skadron Teknik 042 (Skatek 042) Lanud Iwahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Falcon Star eMLu merupakan upaya modernisasi pesawat F-16 TNI AU, di antaranya dengan meningkatkan service life, kemampuan avionik, serta persenjataan pesawat secara signifikan.

"Hingga saat ini, Skatek 042 telah berhasil melaksanakan upgrade 7 pesawat F-16 A/B dari 10 pesawat yang masuk dalam program Falcon Star eMLU," bunyi keterangan tertulis Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) dikutip Minggu (12/3/2023).



Melalui Program Falcon Star eMLU ini, seluruh pesawat F-16 A/B Block 15 TNI AU ditingkatkan kemampuan airframe dan avionic sehingga dapat memperpanjang usia pakai pesawat. Selain itu peningkatan juga dilakukan pada sistem persenjataan dan kemampuan radarnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah meninjau langsung program Falcon Star eMLU di Skadron Teknik (Skatek) 042, Lanud Iwahjudi, Magetan, Sabtu 11 Maret 2023.



Dalam kunjungannya tersebut, Yudo melihat langsung pemeliharaan dan perawatan pesawat serta Program Falcon Star eMLU yang dilaksanakan di Skatek 042. Yudo juga mendapat penjelasan langsung dari Danskatek 042 Letkol Tek Andi Sukmawan Wira A.

Panglima TNI pun menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada segenap personel Skatek 042 yang telah berhasil meningkatkan pesawat F-16 Fighting Falcon.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)