Waketum Garuda Ajak Manfaatkan Teknologi untuk Solusi Royalti Musisi

Sabtu, 11 Maret 2023 - 14:21 WIB
loading...
Waketum Garuda Ajak Manfaatkan Teknologi untuk Solusi Royalti Musisi
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengajak memanfaatkan teknologi untuk solusi bagi musisi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengajak memanfaatkan teknologi untuk solusi bagi musisi . Dia mengatakan, masalah royalti menjadi perbincangan pada Hari Musik Nasional yang diperingati setiap 9 Maret.

“Hal ini sudah pernah disampaikan Partai Garuda, bahwa untuk urusan royalti, gunakan teknologi, apalagi dalam memproduksi musik semuanya sudah menggunakan teknologi,” kata Teddy dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/3/2023).

Dia menuturkan, semuanya bisa serba otomatis. Dia menambahkan, ketika lagunya dipergunakan, maka detik itu juga langsung mendapatkan haknya.





“Tidak ada lagi perhitungan manual dan campur tangan banyak pihak, di mana keakuratannya dan tentu transparansinya juga kurang,” katanya yang juga juru bicara Partai Garuda ini.

Menurut dia, membuat akun YouTube bisa menjadi solusi untuk tempat karaoke. “Dan aplikasi seperti Gofood bisa menjadi solusi untuk membayar royalti di konser, hotel, kafe, dan sejenisnya. Jadi seperti memesan makanan, kalau ini memesan lagu. Pilih lokasi, acaranya apa dan lagu yang akan dibawakan apa saja,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, siapa saja bisa memantau di aplikasi tersebut, orang yang berada di lokasi maupun musisinya. Sehingga, lanjut dia, ketika ada lagu yang dibawakan tapi tidak memesan, bisa diperkarakan secara hukum.

“Ini sangat mudah dilakukan dan bisa menjadi solusi dari permasalahan royalti yang dari dulu masih menjadi polemik. Selamat Hari Musik Nasional. Segera manfaatkan teknologi untuk solusi royalti musisi,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)