Wapres: Pemerintah Terus Berupaya Hadirkan Kedamaian dan Kesejahteraan Papua

Jum'at, 10 Maret 2023 - 14:44 WIB
loading...
Wapres: Pemerintah Terus Berupaya Hadirkan Kedamaian dan Kesejahteraan Papua
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat membuka Muktamar III Majelis Muslim Papua (MMP) secara virtual, Jumat (10/3/2023). Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah terus berupaya menghadirkan kesejahteraan dan kedamaian di Papua . Wapres mengakui menghadirkan kesejahteraan dan kedamaian di Bumi Cendrawasih bukan hal yang mudah.

“Meskipun usaha-usaha untuk menghadirkan kesejahteraan dan kedamaian di Papua bukanlah pekerjaan yang mudah, pemerintah dengan segenap daya dan upaya akan terus bekerja menghadirkan hal tersebut,” kata Wapres saat membuka Muktamar III Majelis Muslim Papua (MMP) secara virtual, Jumat (10/3/2023).

Dia mengatakan, pemerintah saat ini terus berusaha mendorong pembangunan di Papua, baik pembangunan fisik berupa infrastruktur maupun pembangunan manusianya. Wapres menambahkan, komitmen yang ditunjukkan pemerintah tampak jelas.





“Baik melalui kehadiran langsung Bapak Presiden yang berulang kali ke Papua, maupun melalui pembangunan yang masif di seluruh tanah Papua,” katanya.

Selain itu, selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua atau Badan Pengarah Papua, dirinya juga sudah beberapa kali mengunjungi Papua untuk menyaksikan langsung progres percepatan pembangunan Papua. “Beberapa waktu lalu, terdapat pemekaran empat provinsi dengan maksud untuk memperpendek rentang kendali, sekaligus mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat di seluruh pelosok Papua,” ungkapnya.

Dia meminta agar peluang tersebut hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh pihak untuk membangun kesejahteraan rakyat Papua. Dia menuturkan, demi membangun ekonomi masyarakat Papua, semangat pemerintah tidak pernah surut meskipun situasi ekonomi global saat ini tengah lesu.

“Kita menyadari, hantaman pandemi Covid-19 tiga tahun terakhir ini telah mengganggu fondasi ekonomi dunia. Namun, kita patut bersyukur, karena cara kita menangani Covid-19 membuat ekonomi kita tidak tumbang. Bahkan, kita dianggap salah satu negara terbaik yang mampu mengatasi pandemi global ini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, sambung Wapres, kepemimpinan Indonesia di kancah internasional juga mendapat apresiasi dunia. Keberhasilan Presidensi G20 pun kini diikuti dengan kemampuan dalam Keketuaan ASEAN 2023, juga melalui keanggotaan Champion Group of the Global Crisis Response Group di PBB.

“Kita juga serius berusaha menghadirkan perdamaian dunia sesuai dengan amanah konstitusi kita, yaitu melalui diplomasi berkualitas untuk menghentikan pertikaian perang dan krisis dunia lainnya, baik akibat perang, maupun yang ditimbulkan oleh bencana alam,” jelasnya.

Wapres percaya MMP dan seluruh elemen masyarakat di Papua akan tetap bersama-sama mengupayakan kedamaian di Papua. “Saya yakin, lima sikap dasar Majelis Muslim Papua, yakni moderat, toleran, tegak, seimbang, dan dialog, akan menolong Papua untuk tidak terjerembab dalam kemunduran dan musibah sosial,” ungkapnya.

Sebab, menurut Wapres, masyarakat di Tanah Papua telah terbiasa menghadapi dan melewati berbagai ujian yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan. “Oleh karena itu, saya menaruh harapan dan kepercayaan yang tinggi kepada Majelis Muslim Papua, untuk tidak lelah membangun usaha-usaha menghadirkan kedamaian, serta berkontribusi aktif dalam pembangunan di Tanah Papua,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)