Mengenal 3 Pangkostrad Marga Batak, Nomor Terakhir Masih Menjabat

Kamis, 09 Maret 2023 - 14:28 WIB
loading...
Mengenal 3 Pangkostrad Marga Batak, Nomor Terakhir Masih Menjabat
Terdapat tiga Pangkostrad yang memiliki marga Batak. Salah satunya Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Pangkostrad yang memiliki marga Batak. Dalam karier militernya, ketiga perwira tinggi TNI Angkatan Darat itu memiliki prestasi yang cukup membanggakan.

Mereka bahkan dipercaya untuk mengisi posisi penting sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Baca juga : 3 Jenderal TNI dan Polri Bermarga Batak Pasaribu Berkarier Cemerlang

Berikut profil singkat 3 Pangkostrad yang punya Marga Batak :

1. Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution

Perwira Tinggi TNI bermarga Batak yang pertama ini datang dari marga Nasution. Letjen Azmyn Yusri Nasution pernah menjabat sebagai Pangkostrad di tahun 2011 hingga pensiun pada tahun 2012.

Beberapa jabatan strategis lain juga pernah disandang oleh pria kelahiran 26 Maret 1954 tersebut. Pada tahun 2010, dia Azmyn sukses untuk menjabat sebagai Asisten Teritorial Panglima TNI dan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat.

Selain itu, jebolan AKABRI 1977 tersebut juga sukses jadi Pangdam XVII/Cenderawasih pada 2008, dan Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad di tahun 2007.

Baca juga : 5 Jenderal TNI Bermarga Batak Simanjuntak Berkarier Cemerlang, Terakhir Panglima Kostrad

2. Letnan Jenderal TNI (Purn) Adolf Sahala Rajagukguk

Rajagukguk merupakan marga Batak yang jarang didengar. Marga ini merupakan salah satu marga Batak Toba keturunan dari marga Aritonang.

Sebelum pensiun pada 1992, pria kelahiran 31 Desember 1938 sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada 1988. Letjen Adolf juga sempat menjadi Pangkostrad di tahun 1987.

Usai pensiun dari militer, Adolf sempat dipercaya untuk menjadi Duta Besar RI untuk India di tahun 1992 sampai 1996 masa kepresidenan Soeharto.

3. Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Dari ketiga Pangkostrad bermarga Batak yang telah disebut, Letjen Maruli menjadi satu satunya yang masih aktif di militer dan sampai saat ini masih menjabat sebagai Pangkostrad.

Dilansir dari laman kostrad.mil.id, Maruli Simanjuntak secara resmi dilantik sebagai Panglima Kostrad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 31 Januari 2022.

Nama pria kelahiran 24 Februari 1970 tersebut mulai melejit ketika menyandang jabatan Komandan Paspampres masa pemerintahan Joko Widodo di tahun 2018 sampai 2020.

Setelah itu, Maruli yang kala itu masih berpangkat Mayjen dipercaya untuk menjabat sebagai Panglima Kodam IX/Udayana sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Pangkostrad.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)