Relawan Ganjar Pranowo Dukung PDIP Capreskan Kader Sendiri di Pilpres 2024

Rabu, 08 Maret 2023 - 18:09 WIB
loading...
Relawan Ganjar Pranowo Dukung PDIP Capreskan Kader Sendiri di Pilpres 2024
Jelang Pemilu 2024, relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Front Kebangsaan menegaskan sikap mendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Foto/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Jelang Pemilu 2024, relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Front Kebangsaan menegaskan sikap mendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Mereka juga mendukung PDIP mencapreskan kader sendiri di Pilpres 2024 .

"Ada lebih dari 20 organ-organ yang umumnya Relawan Ganjar Pranowo. Kami memutuskan akan dukung PDI Perjuangan pada Pemilu 2024," ujar Inisiator Pendiri Front Kebangsaan Riano Oscha kepada wartawan di Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2023).

Menurut Riano, sebagaimana diketahui, hiruk-pikuk menjelang Pemilu 2024 sudah mulai terjadi dewasa ini seperti polemik sistem pemilu hingga persoalan politik identitas, intoleransi, dan radikalisme.

"Maka, kami relawan-relawan ini sadar dan sepakat harus sikapi gejala-gejala intoleransi dengan tegas dan kami memandang PDI Perjuangan sebagai satu-satunya partai nasionalis yang punya komitmen kuat untuk menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa," tuturnya.

Maka itu, 20 lebih organ-organ Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Front Kebangsaan memilih mendukung dan sepakat bakal memenangkan PDIP dalam perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Salah satu organ relawan tersebut adalah Ganjar Untuk Rakyat (GUNTUR). Ketum GUNTUR Teguh Eko Prastyono hadir dalam pernyataan sikap itu.



"Kita dukung penuh (pilihan PDIP). Jadi kita ini relawan Ganjar, tapi kita tak bicara agar PDIP mengusung dan mencapreskan Ganjar Pranowo, kita tak ada memaksa-maksa, tapi kita tunjukkan pada PDIP bahwa kami berkesimpulan PDIP partai yang kita harapkan untuk jaga persatuan dan keutuhan bangsa," jelasnya.

Ada lima pernyataan sikap yang dikeluarkan Front Kebangsaan. Pada poin keempat, mereka menghormati dan mendukung rencana PDIP yang akan mencalonkan kader sendiri pada Pilpres 2024. "Kami meyakini kader tersebut pastilah seorang nasionalis sejati," demikian pernyataan tersebut.

Diketahui, PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang bisa mengusung capres-cawapres 2024 tanpa berkoalisi dengan partai mana pun. Sebab, pada Pemilu 2019, PDIP sukses meraih 128 kursi DPR. Sementara, syarat mengusung capres-cawapres 2024 adalah partai politik atau gabungan politik yang memiliki 20 persen kursi DPR atau setara 115 kursi DPR.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)