Rekening Rafael Alun Trisambodo dan Istri Diblokir PPATK

Senin, 06 Maret 2023 - 21:40 WIB
loading...
Rekening Rafael Alun Trisambodo dan Istri Diblokir PPATK
Rekening milik mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo (RAT) diblokir PPATK. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rekening milik mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo (RAT) telah diblokir oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ( PPATK ). Selain itu, PPATK memblokir rekening Istri Rafael Alun , Ernie Meike Torondek.

"Iya sudah," singkat Kepala PPATK , Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (6/3/2023).

PPATK sebelumnya juga sudah lebih dulu memblokir rekening milik konsultan pajak. Rekening konsultan pajak tersebut diblokir berkaitan dengan indikasi pencucian uang Rafael Alun. PPATK menyebut ada rekening pihak lain yang juga telah diblokir terkait Rafael Alun.

Diduga, ada transaksi keuangan dalam jumlah besar di rekening konsultan pajak tersebut yang berkaitan dengan Rafael Alun Trisambodo. Sayangnya, Ivan enggan membongkar lebih detail terkait indikasi transaksi janggal berkaitan dengan Rafael Alun.

"Kami tidak bisa sampaikan ya," kata Ivan soal transaksi keuangan Rafael Alun.

Baca juga: Sebut Kekayaan Rafael Alun Trisambodo Mencurigakan, PPATK: Transaksinya Tak Sesuai

Sekadar informasi, PPATK menemukan indikasi pihak profesional yang mengatur atau pun mengelola dugaan pencucian uang Rafael Alun. Pihak profesional itu diduga berprofesi sebagai konsultan pajak. PPATK kemudian memblokir rekening konsultan pajak tersebut.

"Iya ada pemblokiran terhadap konsultan pajak yang diduga sebagai nominee (perantara) RAT serta beberapa pihak terkait lainnya. Kita mensinyalir ada PML (professional money launderer) yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT," ucap Ivan.

Selain PPATK, KPK juga menemukan adanya ketidakwajaran antara harta kekayaan bernilai fantastis milik Rafael Alun dengan profilnya sebagai eselon III di DJP Kemenkeu.

KPK membuka peluang untuk menindaklanjuti temuan PPATK terkait transaksi mencurigakan Rafael Alun Trisambodo. Jika ditemukan adanya unsur pidana korupsi, KPK bakal menindaklanjuti. KPK sendiri telah mengklarifikasi ketidakwajaran harta kekayaan Rafael Alun tersebut, pada Rabu 1 Maret 2023.



Rafael Alun merupakan ayah dari Mario Dandy S. Mario Dandy merupakan pelaku penganiayaan terhadap D, anak petinggi Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jonathan Latumahina. Mario telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penganiayaan tersebut.

Kasus tersebut viral dan kemudian berbuntut panjang. Ayah Mario, Rafael Alun ikut terseret. Gaya hidup glamour Mario Dandy menjadikan pertanyaan terhadap sosok sang ayah. Setelah ditelusuri, Rafael Alun ternyata memiliki harta kekayaan yang fantastis yakni sebesar Rp56 miliar. Ada peningkatan harta kekayaan Rafael Alun yang cukup signifikan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)