IKN Baru dan Momentum Transformasi SDM Pertahanan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 12:47 WIB
loading...
IKN Baru dan Momentum Transformasi SDM Pertahanan
Dudung Abdurachman (Foto: Ist)
A A A
Dudung Abdurachman
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)

DON'T ask what your country can do for you; ask what you can do for the country (Jangan tanya apa yang negara Anda bisa lakukan untuk Anda; tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk negara).

Kalimat yang ditorehkan oleh John F Kennedy tersebut mengarahkan pada refleksi tentang apa yang sudah kita perbuat untuk bangsa dan negara kita. Selain hak-hak sebagai warga negara dalam perspektif nilai nasionalisme, pengakuan dan kecintaan terhadap negara dapat ditunjukkan dengan sikap dan kinerja konstruktif dan produktif guna kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.

Baca Juga: koran-sindo.com

Selain itu yang harus disadari bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar, kita dianugerahi oleh Tuhan YME dengan kelimpahan rahmat dan berkah. Kesadaran kolektif untuk senantiasa menjaga dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara menjadi cerminan rasa syukur kita kepada Tuhan YME. Kiranya komitmen dan semangat itulah yang selalu harus dihidupsuburkan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita sebagai bangsa Indonesia yang tak pernah lelah berupaya sekaligus mensyukuri nikmat Tuhan YME.

Ancaman dan Komitmen Bersama
Sebagaimana kita ketahui bahwa ancaman terhadap kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selalu saja berkembang, dinamis dan kompleks dimensinya. Sumber ancaman (the source of the threat) memiliki spektrum yang begitu luas, tidak saja ancaman yang berasal dari luar (external threat) maupun dalam (internal threat) tetapi juga ancaman yang bersifat azimuthal yang bersifat global, dari segala macam arah, memiliki identifikasi yang kompleks, asimetris, tidak mudah dikenali namun terasa dampaknya.

Hakikat ancaman (the nature of the threat) juga berubah menjadi multidimensional dan multikompleks. Sebab-sebab konflik semakin majemuk dan tidak bisa semata-mata dibatasi sebagai ancaman berdimensi militer saja. Akan tetapi dimensi ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya merupakan hal yang tetap relevan dikategorikan sebagai ancaman.

Jika kita kembali pada komitmen kehidupan berbangsa dan bernegara yang telah dibangun berdasarkan persamaan senasib sebagai suatu bangsa, maka tujuan kolektif yang akan dicapai adalah pada kehidupan yang sejahtera, adil, dan sentosa. Secara tekstual, tujuan kolektif tersebut ditemukan pada alinea keempat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 “…yang di antaranya menyatakan bahwa Pemerintah Negara Republik Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Dalam konteks upaya mewujudkan percepatan pencapaian cita-cita tersebut, maka menjaga kedaulatan dan integritas NKRI adalah tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, tidak terkecuali. Seluruh sumber daya yang ada menjadi bagian penting guna mendukung terhadap tetap tegaknya tujuan, kedaulatan dan integritas NKRI.

Selain diberkahi dengan melimpahnya sumber daya alam (SDA), Indonesia juga dianugerahi Tuhan YME dengan besarnya potensi sumber daya manusia (SDM). Tercatat berdasarkan data kependudukan jumlah penduduk Indonesia hingga tahun 2021 sebesar 272 juta jiwa dan mayoritas jumlah ini adalah usia produktif yang sangat potensial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)