Kisah Inspiratif Ganjar Pranowo, Pernah Jual Bensin Eceran saat Masih Muda

Jum'at, 03 Maret 2023 - 07:05 WIB
loading...
Kisah Inspiratif Ganjar Pranowo, Pernah Jual Bensin Eceran saat Masih Muda
Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode yang menjabat sejak 23 Agustus 2013. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode yang menjabat sejak 23 Agustus 2013. Semasa remaja, Ganjar rupanya memiliki kisah inspiratif yang cukup menarik.

Hal itu terungkap ketika presenter Boy William tengah bertandang ke rumah dinas Ganjar. Dalam video yang diunggah pada kanal YouTube Boy William tersebut, Ganjar Pranowo dulunya merupakan seorang yang sederhana dan tergolong kekurangan.

Meskipun terlahir sebagai anak seorang perwira polisi, Ganjar bukanlah anak yang hidup berkecukupan. Bahkan pria asal Karanganyar ini mengaku sempat memakai celana bekas ayahnya ketika masih muda.

Baca juga : Saat Ganjar Pranowo Berdialog dengan Eks Napiter

Berkat ayahnya yang seorang polisi, sejak kecil Ganjar telah dilatih sebagai seorang yang disiplin dan tidak manja.

Bahkan, ketika Ganjar duduk di bangku SMP, dia sempat berjualan bensin eceran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri ketika sang ayah telah pensiun.

Kehidupan ekonomi anak kelima dari enam bersaudara ini mulai membaik ketika kakak kakaknya sudah mulai bekerja dan membantu ekonomi keluarga.

Hingga akhirnya Ganjar mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat Universitas. Kala itu, dia sempat berkuliah sebagai Mahasiswa Hukum di Universitas Gajah Mada.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Anak Muda Indonesia Kreatif dan Inovatif

Setelah lulus dan sebelum terjun ke dunia politik, Ganjar Pranowo sempat bekerja sebagai HRD konsultan di PT Prastawana Karya Samitra selama empat tahun.

Barulah di tahun 2004, pria kelahiran 28 Oktober 1968 ini mulai terjun ke politik dengan terpilih sebagai anggota Komisi VI DPR.

Beberapa posisi strategis di dunia perpolitikan Indonesia sempat dijajal oleh Ganjar, seperti anggota Timwas Century DPR pada 2010-2013, menjadi sekretaris fraksi PDIP MPR pada 2009-2010.

Namanya mulai mencuat ketika terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah pada periode 2013-2018. Wajar bila pada Pilkada 2018 Ganjar berhasil mempertahankan kepemimpinannya di Jawa Tengah di periode kedua.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)