Tim KPK ke Minahasa Utara Selidiki Perumahan Elite Istri Rafael Alun

Rabu, 01 Maret 2023 - 18:33 WIB
loading...
Tim KPK ke Minahasa Utara Selidiki Perumahan Elite Istri Rafael Alun
KPK mengirim tim ke Minahasa Utara untuk mengecek LHKPN Rafael Alun Triambodo soal perusahaan istrinya.
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah mengutus tim ke Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Tim Kedeputian Pencegahan KPK ini betugas menyelidiki aset yang berkaitan dengan mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo.

Aset yang dimaksud adalah perumahan elite Green Hill Manado. Informasinya, istri Rafael Alun Trisambodo adalah salah satu pemegang saham perumahan itu. Bahkan perusahaan Istri Rafael disebut-sebut sebagai salah satu kontraktor perumahan seluas 6,5 hektare tersebut.

"Saya kirim tim kemarin ke Minahasa Utara melihat perumahannya ada 65 ribu meter, 6,5 hektare. Dimiliki dua perusahaannya atas nama istri yang bersangkutan. Itu sudah ada di LHKPN-nya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023).



Pahala menyebut bahwa dua perusahaan istri Rafael Alun sudah terdaftar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) suaminya. Saham perusahaan tersebut, kata Pahala, masuk di dalam surat-surat berharga yang dilaporkan Rafael Alun ke KPK. Hanya saja, memang tidak dirincikan.

"Yang bersangkutan ini melaporkan di LHKPN-nya punya saham di enam perusahaan. Itu ada disebut nama perusahaannya apa saja dan dua dari itu punya di Minahasa Utara," terangnya.

Saat ini, Rafael Alun Trisambodo masih diklarifikasi tim Kedeputian Pencegahan KPK soal harta kekayaannya yang bernilai fantastis. KPK menemukan adanya ketidaksesuaian antara harta kekayaan Rafael Alun dengan penghasilannya sebagai eselon III DJP Kemenkeu.



Rafael Alun Trisambodo merupakan ayah dari Mario Dandy Satriyo. Mario Dandy merupakan pelaku penganiayaan terhadap David Ozora, anak petinggi Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jonathan Latumahina. Mario telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penganiayaan tersebut.

Kasus tersebut viral dan kemudian berbuntut panjang. Ayah Mario Dandy, Rafael Alun ikut terseret. Gaya hidup glamour Mario Dandy menjadikan pertanyaan terhadap sosok sang ayah. Setelah ditelusuri, Rafael Alun ternyata memiliki harta kekayaan yang fantastis yakni sebesar Rp56,10 miliar. Ada peningkatan harta kekayaan Rafael Alun yang cukup signifikan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)