160 Pasis TNI-Polri dan Negara Sahabat Digembleng di Sesko TNI

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:25 WIB
loading...
160 Pasis TNI-Polri dan Negara Sahabat Digembleng di Sesko TNI
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan keterangan kepada media terkait pendidikan 160 perwira siswa TNI-Polri dan negara sahabat di Sesko TNI, Kota Bandung, Rabu (1/3/2023). FOTO/MPI/AGUNG BAKTI SARASA
A A A
BANDUNG - Sebanyak 160 Perwira Siswa (Pasis) TNI dan Polri dan perwakilan negara sahabat akan mengikuti pendidikan di Sesko TNI Bandung, Jawa Barat. Mereka akan digembleng selama 8 bulan sebagai modal para Pasis dalam mengemban tugas dan pengabdian ke depan.

Para peserta pendidikan di Sesko berasal dari TNI AD 61 pasis, TNI AL 41 pasis, TNI AU 36 pasis, Polri 15 pasis. Sisanya, 7 pasis dari negara sahabat, yakni Arab Saudi 1, Australia 2, India 1, Malaysia 1, Pakistan 1, dan Singapura 1.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, pendidikan di Sesko TNI dilaksanakan untuk mencapai Tri Pola Dasar pendidikan TNI bidang kepribadian, pengetahuan dan keterampian, serta jasmani. Kemudian, pendidikan juga akan menjadi bekal para Pasis yang nantinya menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir pertahanan NKRI saat ini maupun di masa medatang.



"Nanti pada perjalanannya mereka akan mengikuti proses belajar mengajar selama delapan bulan. Ini wujud implementasi dari doktri gabungan TNI," kata Yudo Margono di Sesko TNI Jalan Martanegara, Kota Bandung, Rabu (1/3/2023).

Di bidang kepribadian, Pasis dituntut memiliki sikap dan perilaku, terpeliharanya moralitas dan wawasan kebangsaan, serta profesional. Di bidang pengetahuan dan keterampilan (akademik), Pasis diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang profesional, manajemen, doktrin pertahanan negara, serta perang modern.

"Pasis juga dituntut memiliki pengetahuan tentang Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)" kata Yudo.

Adapun sasaran di bidang Jasmani, Pasis dituntut memiliki kondisi tubuh samapta dan prima guna mendukung pelaksanaan tugas pada level strategis.

Menurut Panglima TNI, sesuai mottonya Centre Of Excellence, Sesko TNI sebagai jenjang pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI tidak hanya dituntut melahirkan perwira TNI yang cerdas dan memiliki kesamaptaan yang tangguh tetapi juga menghasilkan kader pimpinan TNI yang bermoral, berwawasan kebangsaan, profesional dan modern di bidang manajemen pertahanan negara dan strategi pertahanan negara dalam menghadapi berbagai perubahan. Melalui lembaga ini, diharapkan akan lahir kader pimpinan terbaik TNI yang dapat menjawab seluruh tantangan.

Baca juga: Dulu Jualan Kue Cucur di Tebet, Siapa Sangka Sosok Ini Jadi Lulusan Terbaik Akmil, Seskoad, dan Sesko TNI

"Di sinilah tempat terbaik untuk mengembangkan potensi diri sebagai prajurit profesional dan kader pemimpin bangsa," katanya.

Kehadiran Pasis Polri semakin memperkuat soliditas dan sinergi TNI-Polri untuk mengawal pembangunan nasional di masa mendatang. Pun kehadiran Pasis negara sahabat dari enam negara, akan semakin memperkuat kerja sama bilateral antarnegara baik di bidang militer maupun bidang-bidang lainnya.

Caption: Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono saat memberikan keterangan terkait pendidikan operasi militer perang Pasis gabungan TNI dan Polri serta perwakilan negara sahabat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)