Menakar Peluang Ganjar-Erick Diusung PDIP dan KIB Usai Didukung PAN

Senin, 27 Februari 2023 - 17:51 WIB
loading...
Menakar Peluang Ganjar-Erick Diusung PDIP dan KIB Usai Didukung PAN
Presiden Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri pembukaan Rakernas PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2/2023). FOTO/MPI/EKA SETIAWAN
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) 2024 dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam pembukaan rakernas PAN tak menunjukkan penolakan terhadap sikap politik Zulkifli Hasan. Bahkan Jokowi mengatakan, strategi PAN mendekati Ganjar Pranowo menjelang Pemilu 2024 sudah tepat. Sebab, selama ini Jawa Tengah merupakan basis suara pendukung Ganjar.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sukri menilai pernyataan tersebut menunjukkan Presiden Jokowi sudah menjadi king maker di Pemilu 2024. Selain itu, juga menunjukan bahwa tidak ada penolakan dari Jokowi kepada PAN, Ganjar maupun Erick.

Baca juga: Di Rakornas PAN, Zulhas Dukung Duet Ganjar-Erick melalui Pantun

"Memang Presiden Jokowi tidak menyatakan pasti akan mendukung Ganjar-Erick. Namun dipastikan tak ada penolakan Jokowi terhadap PAN dan dua tokoh nasional tersebut untuk maju di Pilpres 2024. Jika ada resistensi, pasti Presiden Jokowi akan memberikan indikasi," kata Sukri dalam keterangan tertulis, Senin (27/2/2023).

Menurutnya, sebagai king maker, Jokowi berharap penerusnya dapat melanjutkan program yang telah dirintis selama 2 periode pemerintahannya. Dari beberapa calon potensial yang muncul, Ganjar dan Erick adalah pasangan yang tepat sebagai penerus Jokowi.

"Masyarakat dapat membaca jika duet Ganjar-Erick mendapatkan restu dari Presiden Jokowi. Apalagi PAN merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang kemungkinan besar mampu untuk mengajukan capres-cawapres di Pilpres 2024 mendatang," ujarnya.

Sukri melihat duet Ganjar-Erick merepresentasikan gabungan pemimpin daerah sukses dan teknokrat ulung. Ganjar sebagai politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sangat berpengalaman memimpin Jawa Tengah selama 2 periode. Sedangkan Erick sebagai pengusaha dan mengerti seluk-beluk ekonomi.

"Duet Ganjar Erick ini relatif tak memiliki resistensi yang besar di masyarakat. Apalagi elektabilitas Ganjar saat ini masih yang tertinggi sebagai capres. Sedangkan elektabilitas Erick terus mengalami peningkatan, sehingga gabungan Ganjar dan Erick ini merupakan pasangan yang diinginkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan merepresntasikan kebutuhan Indonesia," kata Sukri.

Meski Partai Golkar telah menetapkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai capres 2024, tapi Sukri menilai partai berlambang pohon beringin akan berpikir realistis untuk dapat memenangkan Pemilu 2024. "Mereka pasti akan mengkalkulasi capres yang potensial untuk menang di Pemilu 2024," kata Sukri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)