Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi Hampir di Semua Provinsi Sepekan ke Depan

Senin, 27 Februari 2023 - 10:04 WIB
loading...
Waspada! Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi Hampir di Semua Provinsi Sepekan ke Depan
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan yang bisa terjadi di hampir semua provinsi di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan yang bisa terjadi di hampir semua provinsi di Indonesia.

“Di hampir semua provinsi ini tampaknya harus lebih waspada (cuaca ekstrem) sampai seminggu ke depan,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangannya, Senin (27/2/2023).

Dwikorita mengatakan BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem pada 22 Februari 2023 lalu. Menurutnya, hal ini diakibatkan adanya fenomena atau kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini menunjukkan dinamika atmosfer dan berdampak pada peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah.

Kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya monsun atau aktivitas monsun Asia yaitu angin yang bertiup dari arah Asia yang masih menguap dan adanya indikasi aktifnya seruakan udara dingin dari Asia. “Serta adanya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara dan pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.”

“Hal-hal tersebutlah yang memicu terjadinya peningkatan intensitas curah hujan di seluruh wilayah Indonesia,” sambung Dwikorita.

Dilanjutkannya ada peningkatan pembentukan awan-awan hujan tidak hanya curah hujan namun disertai juga dengan kilat atau petir dan angin kencang. “Apalagi ada seruakan udara dingin dan adanya sirkulasi siklonik tersebut.”

“Kami memprediksi kira-kira dalam seminggu ke depan kita masih perlu untuk terus waspadai kondisi seperti ini. Jadi, curah hujan dengan intensitas yang diprediksi melampaui 50 mm per hari, jadi batasan lebat itu 50 mm per hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Dwikorita menambahkan ada beberapa wilayah yang diprediksi melampaui lebat atau melampaui 50 mm per hari hingga sepekan ke depan di berbagai wilayah Indonesia misalnya Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, hampir seluruh provinsi juga di Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah hampir seluruh provinsi, dan juga termasuk Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)