Sahabat Ganjar Jaring Dukungan lewat Pelatihan Pemanfaatan Sampah

Minggu, 26 Februari 2023 - 22:22 WIB
loading...
Sahabat Ganjar Jaring Dukungan lewat Pelatihan Pemanfaatan Sampah
Sahabat Ganjar menggelar pelatihan pemanfaatan sampah di Kecamatan Karang Wareng, Kabupaten Cirebon, Minggu (26/2/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar menjaring dukungan lewat pelatihan pemanfaatan sampah. Kegiatan itu digelar di Kecamatan Karang Wareng, Kabupaten Cirebon, Minggu (26/2/2023).

"Milenial di sini memiliki semangat yang luar biasa dalam berkegiatan. Terutama isu-isu mengenai kebersihan dan masalah sampah di daerah sini. Mereka memiliki komitmen dan dedikasi yang luar biasa sama permasalahan sampah," kata Ketua DPC Sahabat Ganjar Cirebon Masto Argandi.

Dia mengatakan, semua kegiatan yang dilakukan ini adalah murni dari inisiatif para milenial dan bergerak melalui hati nurani. "Mereka tidak ada yang gaji atau kasih dana apa pun, tapi mereka bergerak sendiri menggunakan hati tanpa berharap materi. Menurut kami ini sangat luar biasa," imbuhnya.

Ia menjelaskan alasan memilih kegiatan pelatihan pemanfaatan sampah yang diadakan oleh Sahabat Ganjar di Kota Udang tersebut. Selain karena masalah lingkungan, pemanfaatan sampah juga bisa mengatasi pencemaran lingkungan dari bahaya sampah, utamanya sampah plastik.

"Karena Pak Ganjar juga seorang pemimpin yang peduli dengan masalah sampah, kami coba memperkenalkan beliau melalui anak-anak muda yang peduli dengan sampah pula. Alhamdulillah Pak Ganjar dapat diterima dengan baik," katanya.

Suhandi, salah satu warga yang mengikuti kegiatan pelatihan sampah, mengatakan, pengelolaan dan pemanfaatan sampah ini sudah berlangsung hampir 3 tahun. Sampah yang biasa didaur ulang seperti sampah plastik, botol minum, dan bungkus jajanan berbahan dasar plastik. Karena, jenis sampah tersebut sangat sulit memuai ke tanah.

"Bapak Ganjar Pranowo sudah terkenal di daerah Cirebon. Setelah warga tahu ada kegiatan Sahabat Ganjar, warga langsung berbondong-bondong datang ke tempat acara," katanya.

Suhandi beserta peserta lainya juga menegaskan, siap mengajak dan mendukung sosok Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut agar menjadi Presiden Indonesia pada 2024. "Kami akan mengak warga terutama komunitas-komunitas yang ada untuk ikut mendukung Pak Ganjar. Karena beliau sosok pemimpin yang peduli dengan masalah sampah juga. Semoga beliau bisa menjadi Presiden Indonesia nantinya," ujar Suhandi.

Sebelum pelatihan, Sahabat Ganjar lebih dahulu melaksanakan kegiatan senam bersama ribuan masyarakat Kecamatan Lemahabang. Semarak serta keceriaan mewarnai kegiatan senam bersama kali ini.

Diketahui, Ganjar Pranowo merupakan salah satu tokoh yang namanya sering masuk bursa capres 2024 di sejumlah survei. Misalnya dalam survei terbaru Political Statistics (Polstat) pada Februari 2023, elektabilitas Ganjar sebesar 20,6% atau di urutan kedua.

Lembaga Populi Center juga sebelumnya merilis hasil survei terbaru elektabilitas tokoh menjelang Pilpres 2024. Dalam survei itu, Populi Center melakukan simulasi dua nama yang selama ini digadang-gadang disebut sebagai capres. Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hasilnya, dari simulasi head to head, Ganjar unggul dari Anies.

Ganjar merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu merupakan satu-satunya partai politik di parlemen yang belum menentukan koalisi untuk Pilpres 2024.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)