Alasan Airlangga Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali

Minggu, 26 Februari 2023 - 05:25 WIB
loading...
Alasan Airlangga Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali
Zainudin Amali memutuskan mundur dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menyodorkan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga nama kader partai berlambang pohon beringin itu adalah Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komarudin.

Juru Bicara (Jubir) DPP Partai Golkar Tantowi Yahya mengungkapkan, ketiga nama itu dipilih dengan mengacu pada sistem meritokrasi. “Ya tiga nama yang diajukan itu kalau Golkar sebisa mungkin mengacu pada meritokrasi,” kata Tantowi saat dihubungi, Sabtu (25/2/2023).

Dia menambahkan, ketiga nama yang dipilih itu adalah kader Golkar yang sesuai rekam jejaknya dengan kebutuhan portofolio menteri yang akan diganti yakni Menpora. Golkar menilai ketiganya sesuai, selain usianya yang muda, mereka juga sangat dekat dengan dunia kepemudaan dan olahraga.





“Jadi sangat dekat dengan dunia kepemudaan, sangat dekat dengan dunia olahraga, kemudian masih muda,” kata mantan Dubes RI untuk Selandia Baru ini.

Apalagi, kata dia, Presiden Jokowi juga sangat menyukai menteri-menteri yang masih berusia muda. Sehingga, Golkar sebisa mungkin mencari kader yang sesuai dengan kebutuhan Jokowi dan masyarakat.

“Presiden kan suka dengan menter-menteri yang muda gitu. Kita sebagai partai kader, kita tidak pernah kesulitan mencari kader yang dibutuhkan oleh presiden maupun oleh rakyat melalui mekanisme pilkada atau pemilu. Insyaallah kita bisa memenuhinya,” kata mantan Pimpinan Komisi I DPR ini.

Dia menegaskan, tugas Golkar hanya memilih dan menyampaikan nama-nama calon Menpora yang dianggap pantas oleh Airlangga. “Dinamikanya masih sangat tinggi nih, bisa saja presiden dalam waktu ke depan ini minta nama lagi, bisa saja terjadi. Apakah presiden akan mengambil satu dari tiga nama itu atau tidak sama sekali, ya sekali lagi itu prerogatif presiden,” pungkasnya.

Diketahui, Amali memutuskan mundur dari kursi Menpora. Keputusan tersebut disampaikannya saat bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023).

Amali tak sendirian ke Istana. Dia hadir bersama Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha dan sejumlah Exco PSSI. Zainudin Amali merupakan Wakil Ketua Umum II PSSI. Saat konferensi pers, tampak pula Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Empat hari sebelum ke Istana, Zainudin Amali terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI. Hal itu merupakan keputusan dari Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Sangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

"Saya sampaikan kepada Pak Presiden, 'Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI'. Dan Beliau meminta saya untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," kata Zainudin Amali.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)