Airlangga Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Jokowi

Minggu, 26 Februari 2023 - 04:33 WIB
loading...
Airlangga Sodorkan 3 Nama Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali ke Jokowi
Zainudin Amali memutuskan mundur dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ilustrasi/KORAN SINDO/Wawan Bastian
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menyodorkan tiga nama calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga nama kader partai berlambang pohon beringin itu adalah Ilham Permana, Dito Ariotedjo, dan Puteri Anetta Komarudin.

Juru Bicara (Jubir) DPP Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, ketiga nama itu dipilih dengan sistem meritrokrasi oleh Airlangga. “Ya sudah tiga nama dan sudah beredar nama-namanya. Setahu saya ya tiga nama itu, tinggal presiden memilih yang mana yang memenuhi syarat presiden,” kata Tantowi saat dihubungi MNC Portal, Sabtu (25/2/2023).

Dia menuturkan, pergantian anggota kabinet itu merupakan hak prerogatif presiden. Karena, pada hakikatnya menteri itu adalah pembantu presiden, sehingga presiden sebagai pengguna jasa menteri harus memiliki kenyamanan dengan menteri itu baik secara kemampuan maupun chemistry.





“Jadi tahapan selanjutnya adalah terserah presiden mau pilih yang mana dari 3 calon yang sudah kita sampaikan kepada presiden itu,” kata mantan Dubes RI untuk Selandia Baru ini.

Dia menjelaskan, tugas Golkar hanya memilih dan menyampaikan nama-nama calon Menpora yang dianggap pantas oleh Airlangga Hartarto. Namun, dia mengakui dinamikanya masih sangat tinggi.

“Bisa saja presiden dalam waktu ke depan ini minta nama lagi, bisa saja terjadi. Apakah presiden akan mengambil satu dari tiga nama itu atau tidak sama sekali, ya sekali lagi itu prerogatif presiden,” kata mantan Pimpinan Komisi I DPR ini.

Dia mengungkapkan, kemungkinan sudah sekitar seminggu lalu ketiga nama itu disodorkan kepada Jokowi. “Kita kan bergerak cepat sesuai dengan kebutuhan presiden. Tetapi apakah satu dari tiga nama itu diambil presiden saya enggak tahu tuh. Pak Airlangga pun enggak bisa memaksakan satu nama untuk dipilih presiden,” pungkasnya.

Diketahui, Amali memutuskan mundur dari kursi Menpora. Keputusan tersebut disampaikannya saat bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023).

Amali tak sendirian ke Istana. Dia hadir bersama Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha dan sejumlah Exco PSSI. Zainudin Amali merupakan Wakil Ketua Umum II PSSI. Saat konferensi pers, tampak pula Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Empat hari sebelum ke Istana, Zainudin Amali terpilih sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI. Hal itu merupakan keputusan dari Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Sangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

"Saya sampaikan kepada Pak Presiden, 'Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI'. Dan Beliau meminta saya untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," kata Zainudin Amali.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)