3 Perwira Tinggi TNI AL Jebolan Universitas Pertahanan, 2 di Antaranya Mantan Pangkoarmada II

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:11 WIB
loading...
3 Perwira Tinggi TNI AL Jebolan Universitas Pertahanan, 2 di Antaranya Mantan Pangkoarmada II
Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI AL yang diketahui menjadi lulusan Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perwira tinggi TNI AL yang diketahui menjadi lulusan Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Dari sekian banyak, beberapa di antaranya berasal dari matra Angkatan Laut dan berstatus sebagai perwira tinggi.

Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) diresmikan pada tahun 2009 berdasarkan surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009. Dalam riwayatnya, sejumlah anggota TNI juga diketahui pernah menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

Baca juga : 4 Perwira Tinggi TNI AU Lulusan Universitas Pertahanan, Nomor 2 Peraih Adhi Makayasa AAU 1990

Berikut tiga perwira tinggi TNI AL jebolan Universitas Pertahanan.

1. Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat

Laksamana Muda TNI Tolhas Sininta Nauli Basana Hutabarat merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Laut. Saat ini, dia tengah menjabat Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantannas.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, T.S.N.B. Hutabarat adalah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989. Kemudian, sejumlah pendidikan tinggi juga pernah diikutinya, seperti di University of New South Wales Australia (Defense Studies) University of Wollongong Australia (Maritime Studies) dan Universitas Pertahanan Indonesia (Strategi dan Kampanye Militer).

Beralih ke riwayat kariernya, beberapa jabatan penting juga pernah disandang perwira tinggi bintang dua ini. Di antaranya adalah Kaskoarmada I (2018-2019), Koorsahli KSAL (2021-2022), hingga Pangkoarmada II (2022-2023).

2. Laksma TNI Beni Rudiawan

Berikutnya ada nama Laksamana Pertama TNI Beni Rudiawan. Mengutip keterangan dari laman Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, perwira tinggi TNI AL ini menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)