Partai Garuda Tanggapi Relawan Pindah Haluan: Seperti Pacaran, Bisa Putus di Tengah Jalan

Jum'at, 17 Februari 2023 - 20:50 WIB
loading...
Partai Garuda Tanggapi Relawan Pindah Haluan: Seperti Pacaran, Bisa Putus di Tengah Jalan
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi melihat kelompok relawan pindah dukungan menjelang pemilu adalah hal biasa. Ia menyebut deklarasi dukungan kepada bakal calon presiden (capres) 2024 ibarat pacaran yang bisa saja putus di tengah jalan.

Menurut Teddy, masing-masing relawan berhak menilai orang yang akan didukung. Karena itu, relawan yang pindah dukungan bukan masalah besar yang perlu diperdebatkan.

"Deklarasi itu ibarat pacaran, bisa saja putus, tidak lanjut ke jenjang pernikahan," kata Teddy Gusnaidi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: JoMan Deklarasi Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Bukan hanya kelompok relawan, kata dia, partai politik peserta pemilu berpindah haluan sebelum pendaftaran dan penetapan KPU pun tidak menjadi soal. Bukan tidak mungkin saat ini ada partai politik peserta Pemilu 2024 yang tadinya mengebu-gebu mendukung salah satu bakal capres, akhirnya memutuskan mencabut deklarasi dan mengarahkan ke bakal calon yang lain.

"Karena bisa saja dalam masa penjajakan mereka melihat bakal calon yang akan mereka usung ternyata bermasalah, baik masalah hukum, masalah komitmen dan sebagainya," imbuhnya.

Teddy kembali menekan bahwa hal-hal semacam itu sangat mungkin terjadi menjelang pemilu. "Ibarat pacaran, sudah mendeklarasikan ke mana-mana, bahkan media. Ketika putus, maka itu bukan sesuatu yang salah, itu bukan aib, karena pacaran adalah waktunya saling mengenal sebelum lanjut pernikahan. Begitu pun untuk urusan pencapresan, bisa jadi ada partai yang berpindah haluan," kata jurubicara Partai Garuda ini.

Untuk diketahui, beberapa waktu, kelompok relawan Jokowi Mania (JoMan) mengalihkan dukungan dari Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto sebagai capres 2024. JoMan yang telah mengubah nama menjadi Ganjar Pranowo (GP) Mania akhirnya dibubarkan dan berganti menjadi Prabowo Mania 08.

Dukungan JoMan kepada Prabowo telah dideklarasikan pada Rabu (15/2/2023) lalu ditindaklanjuti dengan mengunjungi kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023). Kedatangan rombongan yang terdiri dari pengurus DPD dan DPC berbagai provinsi dipimpin langsung oleh Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer.

Menurut Noel, sapaan akrab Immanuel Ebenezer, mereka datang ingin menyatakan langsung dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024. "Karena hasil kesepakatan kita di pengurus daerah sudah menyepakati bahwa Prabowo adalah pilihan untuk JoMan mendukung Prabowo untuk maju di 2024 nanti. Kami mendeklarasikan Prabowo Mania 08, jadi bukan relawan, tapi pendukung atau timses Pak Prabowo untuk 2024," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5640 seconds (0.1#10.140)