Dewan Pengarah BPIP: Dengan Semangat Gotong Royong, Stunting, Kekerasan pada Perempuan dan Anak Dapat Ditekan

Kamis, 16 Februari 2023 - 21:27 WIB
loading...
Dewan Pengarah BPIP: Dengan Semangat Gotong Royong, Stunting, Kekerasan pada Perempuan dan Anak Dapat Ditekan
Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. (H.C.) Hj. Megawati Soekarnoputri membuka Kick Off Meeting Pancasila dalam Tindakan di Jakarta, Kamis (16/02/2023).
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Megawati Soekarnoputri menegaskan, dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, semua persoalan akan terselesaikan, termasuk isu stunting, kekerasan pada perempuan dan anak, kekerasan dalam rumah tangga, dan kesiapsiagaan bencana.

"Dengan nilai-nilai Gotong Royong lintas sektoral, isu-isu tersebut pasti akan teratasi di negata kita", ujarnya saat menjadi pembicara kunci pada Kick Off MeetingPancasila dalam Tindakan “Gerakan Semesta Berencana Mencegah Stunting, Kekerasan Seksual pada Anak dan Perempuan, Kekerasan dalam Rumah Tangga, serta Mengantisipasi Bencana” di Jakarta, Kamis, (16/2/2023).

Presiden RI Ke-5 itu juga menyebutkan, upaya gotong royong adalah kunci dalam upaya penguatan ekonomi keluarga. Megawati jugamenyarankan kepada seluruh masyarakat untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan alami. "Cara yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi", ucapnya.

Dirinya juga menyebut, dengan cara Pancasila dalam tindakan, tidak hanya nilai-nilai gotong royong, melainkan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan semangat merdeka, puteri dari Presiden pertama RI, Ir. Sukarno itu juga menyebut, peran perempuan sangat dibutuhkan dan penting dalam mengatasi persoalan stunting di dalam keluarga.
Dewan Pengarah BPIP: Dengan Semangat Gotong Royong, Stunting, Kekerasan pada Perempuan dan Anak Dapat Ditekan


Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiasi dan kerja sama BPIP dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah pertama, mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam upaya mencegah stunting, kekerasan seksual pada anak dan perempuan, kekerasan dalam rumah tangga serta mengantisipasi bencana”, tutur Prof. Yudian.

Selain itu, Prof. Yudian menambahkan, sebagai upaya menggugah, menggali dan menyebarkan kesadaran akan pentingnya pencegahan stunting, kekerasan seksual pada anak dan perempuan.

Sebelumnya, Kepala BPIP turut serta dalam Rakernas Program Banggakencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang diselenggarakan BKKBN.

"Dalam acara tersebut, Bapak Presiden memberi arahan tentang pentingnya pemerataan fasilitas kesehatan dan pencegahan stunting di daerah", sambungnya.

Hal ini tentunya bagian dari tanggungjawab semua pihak, untuk berupaya merealisasikannya sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan masing-masing, dengan tetap mendorong kerja-kerja gotong royong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2701 seconds (0.1#10.140)