BUMNU Solusi Kemandirian Ekonomi NU dan Nahdliyin

Kamis, 16 Februari 2023 - 15:57 WIB
loading...
BUMNU Solusi Kemandirian Ekonomi NU dan Nahdliyin
Muhammad Fauzinudin Faiz. Foto/Istimewa
A A A
Muhammad Fauzinudin Faiz
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN KH Achmad Shiddiq dan Ketua LTNNU Jember

BADAN Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU) secara resmi berdiri di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Senin, 6 Februari 2023. Peresmian Badan Usaha satu-satunya milik NU ini dihadiri oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU ) Alissa Wahid.

Nantinya, BUMNU ini bakal menjadi percontohan dan direplikasi di beberapa titik se-Indonesia dengan target 250 badan usaha di bawah Nahdlatul Ulama. BUMNU ini berbentuk toko grosir, yang nantinya dapat menjadi pilihan strategis bagi organisasi sosial keagamaan seperti Nahdlatul Ulama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kemampuan operasional mereka.

Dengan mendirikan BUMNU, Nahdlatul Ulama dapat mengembangkan sumber daya finansial dan sumber daya lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui toko grosir ini, BUMNU dapat memasok kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau dan menjalin hubungan baik dengan para pedagang di daerah sekitarnya, terlebih pedagang dari kalangan warga nahdliyin.



Namun, BUMNU mungkin akan menghadapi tantangan dalam bersaing dengan badan usaha besar yang sudah mapan di pasar. Mereka perlu mempertimbangkan faktor seperti kepercayaan dan loyalitas masyarakat, kualitas produk dan pelayanan yang diberikan, serta kemampuan dalam merespons perubahan pasar dan memenuhi kebutuhan masyarakat. BUMNU juga dapat memanfaatkan inovasi dan kecepatan dalam menjalankan operasi bisnisnya dan menjalin kemitraan dengan badan usaha besar atau organisasi lain untuk memperluas jangkauan pasar dan mengurangi risiko.

Meskipun demikian, kehadiran BUMNU dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan membantu memperkuat identitas dan tujuan sosial Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, mendirikan badan usaha seperti BUMNU dapat menjadi pilihan strategis bagi organisasi sosial keagamaan seperti Nahdlatul Ulama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan memperkuat keberlangsungan operasional mereka.

Manifestasi Kemandirian Ekonomi NU dan Nahdliyin

Tagline resepsi acara satu abad NU kemarin, yakni "Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru" yang digelorakan oleh PBNU bukanlah sekadar seremonial dan formalitas belaka. Rasionalisasi dan aktualisasi dari tema tersebut sudah digodog dan dimatangkan dalam rangkaian acara muktamar melalui program kemandirian organisasi.

Memang, mandiri atau otonom adalah salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah organisasi. Organisasi yang mandiri memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan, mengatur sumber daya, dan menjalankan operasi mereka secara efektif tanpa bergantung terlalu banyak pada orang atau pihak lain di luar organisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)