Prabowo Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir: Terima Kasih, Saya Bangga

Rabu, 15 Februari 2023 - 10:38 WIB
loading...
Prabowo Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir: Terima Kasih, Saya Bangga
Menhan Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan 100 unit kendaraan roda dua untuk Korps Marinir. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan alat peralatan pertahanan (alpalhan) untuk Korps Marinir di Ksatrian Sutedi Senaputra, Lanmar Surabaya, Karang Pilang, Selasa (14/2/2023). Penyerahan dilakukan secara kepada Komandan Korps Marinir Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto dan disaksikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Alpalhan yang diberikan antara lain: 100 unit kendaraan roda dua; 5.219 pucuk senjata 5,56 MM SS/SO (laras panjang); 504 pucuk senjata 40 MM SPG (Marinir); 95 pucuk senjata 9 MM Mitraliur/Sub Machine Gun (SMG); dan 28 set matsus pendukung penyelam dual mode incursion.

Prabowo mengatakan, meski anggaran pertahanan Indonesia belum cukup ideal, Kementerian Pertahanan optimistis dapat membangun postur pertahanan yang optimal. “Anggaran pertahanan kita hanya 0,8 persen dari PDB, tapi tidak ada masalah. Dengan 0,8 persen kita bisa membangun kekuatan yang sangat ampuh,” tegas Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengatakan pentingnya memperkuat Korps Marinir, karena memiliki tugas untuk mengamankan kedaulatan Indonesia di laut. Untuk itu, pemberian alpalhan dirasa perlu guna menunjang tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir.



“Menjaga corong-corong masuknya kemungkinan kekuatan-kekuatan yang ingin mengganggu kita. Dan juga pulau-pulau terluar, dan juga untuk menjaga keunggulan kita di laut. Untuk mengamankan kedaulatan kita. Tapi mereka juga bertanggung atas pertahanan pantai. Karena itu Korps Marinir sangat penting. Tujuan saya kita akan perkuat Angkatan Laut,” tegas Menhan Prabowo.

Selain penyerahan alpalhan, Prabowo juga mengucapkan terimakasih atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir dan merasa bangga karena Korps baret ungu ini memiliki sejarah yang gemilang dalam sejarah Republik Indonesia.

"Hari ini, saya mendapat kehormatan diangkat menjadi warga kehormatan Korps Marinir. Ini adalah suatu kehormatan yang besar, dan suatu kebanggaan. Saya terima dengan penuh rasa haru dan rasa kebanggaan," ungkap Prabowo.

Prabowo menjelaskan, hal terpenting adalah agar para prajurit harus tetap tangguh dan bangga. Prabowo juga menekankan akan terus berjuang meningkatkan alpalhan dan kesejahteraan prajurit.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2577 seconds (0.1#10.140)