KKB Egianus Kogoya Lancarkan 65 Teror dalam 5 Tahun

Selasa, 14 Februari 2023 - 13:40 WIB
loading...
KKB Egianus Kogoya Lancarkan 65 Teror dalam 5 Tahun
Egianus Kogoya, pimpinan KKB di wilayah Nduga yang diduga sudah 65 kali melancarkan teror selama lima tahun terakhir. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Polisi mencatat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sudah melancarkan 65 aksi teror. Ini dilakukan selama kurun waktu lima tahun teerakhir sejak 2017.

“Kejahatan tersebut diketahui terdiri atas 31 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 3 aksi pembantaian dan 2 aksi pembakaran,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (14/2/2023).

Tidak hanya itu, Benny menuturkan bahwa kelompok Egianus Kogoya juga telah tercatat pernah melakukan aksi satu aksi pembunuhan, satu aksi pemerkosaan, satu aksi penganiayaan, satu aksi pengancaman, dan satu aksi penyanderaan pilot.



Benny menyebut Polda Papua telah menerbitkan 16 Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk dilakukan tindakan hukum terkait KKB di wilayah Nduga.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri, berharap Egianus Kogoya beserta kelompoknya tidak lagi melakukan aksi-aksi yang dapat membuat ketakutan masyarakat.

“Saya selaku Kapolda Papua menegaskan bahwa saya tidak akan memberikan ruang kepada pelaku Kriminal Bersenjata yang kerap menganggu proses pembangunan di Tanah Papua,” tuturnya.

Menurutnya, ini bukan hanya tentang aparat Keamanan saja tetapi juga perlu ada keaktifan dari para tokoh terlebih Bupati dalam melakukan pendekatan serta komunikasi sehingga pihaknya dapat mengetahui apa maksud dan tujuan Egianus Kogoya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)