Ziarah ke Makam Shahib Mirbath di Oman, Fadli Zon: Walisongo Bukan dari China

Sabtu, 11 Februari 2023 - 19:02 WIB
loading...
Ziarah ke Makam Shahib Mirbath di Oman, Fadli Zon: Walisongo Bukan dari China
Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, tengah berziarah ke makam Muhammad Shahib Mirbath. Foto/Twitter @fadlizon
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon melakukan perjalanan ke negara Oman. Informasi ini dibagikan Fadli Zon di akun Twitternya @fadlizon, Sabtu (11/2/2023).

Dalam postingan foto tersebut, tampak Anggota DPR dari Fraksi Gerindra ini tengah berziarah ke makam Muhammad Shahib Mirbath.

"Ziarah ke Makam al-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali Khali' Qasam bin Alwi ats-Tsani bin Muhammad bin Alwi al-Awwal bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir atau bergelar Shahib Mirbath di Salalah, Oman," kata Fadli Zon seperti dikutip akun Twitternya.

"Beliau adalah Datuk para Wali Songo di Nusantara. Walisongo bukan dari China," tambahnya.

Baca juga: Ada yang Bilang Walisongo Keturunan Cina, Benarkah?

Untuk diketahui, Muhammad Shahib Mirbath merupakan ulama besar yang berasal dari Hadramaut, Yaman pada abad ke-12 Masehi.

Nama lengkapnya seperti diungkap Fadli Zon di atas, yaknial-Imam Waliyullah Muhammad bin Ali Khali' Qasam bin Alwi ats-Tsani bin Muhammad bin Alwi al-Awwal bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir.

Gelar Shahib Mirbath diberikan karena ia bermukim di kota Mirbath, wilayah Dhafar, Oman selatan, setelah pindah dari kota Tarim, wilayah Hadramaut, Yaman.

Sementara kata shahib sendiri bersinonim dengan kata maula, yang berarti seseorang yang bermukim atau berkuasa di suatu tempat. Shahib Mirbath diperkirakan wafat di Mirbath pada tahun 556 Hijriah (1161 M).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)