Jika KIB dan KKIR Bersatu, Pengamat: Bisa Jadi Koalisi Super Pesaing PDIP di 2024

Sabtu, 11 Februari 2023 - 13:20 WIB
loading...
Jika KIB dan KKIR Bersatu, Pengamat: Bisa Jadi Koalisi Super Pesaing PDIP di 2024
Senyum lepas tampak dari wajah Ketua Umum (Ketum) DPP Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dua partai politik (parpol) dari dua koalisi bertemu. Partai Golkar yang berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Pertemuan kedua parpol ini berlangsung pada Jumat 10 Februari 2023. Senyum lepas tampak dari wajah Ketua Umum (Ketum) DPP Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Bahkan Airlangga memberikan cendera mata sarung warna kuning dan hijau kepada Muhaimin.

Pertemuan kedua ketum parpol dan jajarannya ini memunculkan spekulasi, jika kedua koalisi KIB dan KIR bisa bersatu. Peneliti politik dari BRIN, Wasisto Rahardo Jati menilai, kedua kekuatan ini tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, jika keduanya memutuskan untuk melebur jadi satu di Pemilu 2024.

"Saya pikir jika KIB dan KIR bergabung tentu akan menjadi koalisi super," kata Wasisto dalam keterangannya, Sabtu (11/2/2023).



Soal capres dan cawapres yang bakal diusung KIB dan KIR, Wasis menambahkan, banyak nama besar dalam koalisi tersebut. Misalnya saja, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Zulkifili Hasan. Belum lagi Sandiaga Uno, Erick Thohir, yang sangat mungkin bisa masuk dalam koalisi tersebut.

"Saya pikir ada banyak nama besar di koalisi tersebut, yang sepertinya tidak tersentral ke satu tokoh tertentu," ujar dia.

Di sisi lain, pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai, KIB bisa saja membangun koalisi dengan KIR pada akhirnya nanti. Menurut dia, kondisi koalisi parpol saat ini masih sangat cair.

"Peluang kedua koalisi ini bergabung terbuka lebar," kata Emrus.

Soal capres dan cawapres yang akan diusung, Emrus menilai, Airlangga dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi dua nama yang juga layak disandingkan. "Siapa capres dan cawapresnya tinggal nanti kesepakatan politiknya," ucap Emrus.

Seperti diketahui, Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum DPP PKB Muhamimin Iskandar telah melangsungkan pertemuan pada Jumat 10 Februaru 2023. Pertemuan itu, diawali dengan olahraga jalan sehat. Kemudian, mereka sarapan bersama dan melakukan pertemuan selama sejam.

Dalam pertemuan itu, Cak Imin didampingi sejumlah elite PKB, di antaranya Jazilul Fawaid, Hasanuddin Wahid, Syaiful Huda, Cucun Ahmad Syamsurijal, dan Faisol Riza. Sedangkan Airlangga didampingi Nurul Arifin, Lodewijk Paulus, Ahmad Doli Kurnia, Dito Ganinduto, Sarmuji, dan Airin Rachmy Diany.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)