Wamen LHK Sebut HPSN 2023 Jadi Momentum Semua Pihak untuk Peduli Sampah

Kamis, 09 Februari 2023 - 14:03 WIB
loading...
Wamen LHK Sebut HPSN 2023 Jadi Momentum Semua Pihak untuk Peduli Sampah
Wamen LHK, Alue Dohong saat pelepasan Kampanye Bersepeda Jelajah Bersih Negeri 2023 di Bali, Rabu 8 Februari 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong mengatakan, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 bisa menjadi momentum semua pihak untuk berherak dan peduli terhadap sampah. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi lingkungan terjaga.

Pandangan tersebut disampaikan Alue Dohong ketika memberikan sambutan pada pelepasan Kampanye Bersepeda 'Jelajah Bersih Negeri' 2023 di Bali, Rabu 8 Februari 2023.

"Keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah perlu kita tingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah, dunia usaha, dan masyarakat," kata Alue Dohong dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan kampanye sepeda ini merupakan salah satu bentuk kampanye inovatif yang ditujukan untuk memotret contoh praktik baik dalam pemanfaatan rantai nilai pengelolaan sampah. Tim Pesepeda Jelajah Bersih Negeri akan melakukan perjalanan bersepeda yang dimulai dari Bali pada 8 Februari 2023 dan akan berakhir di Jakarta pada 19 Februari 2023.

"Tim kampanye sepeda akan mengunjungi lokasi-lokasi terpilih di sepanjang jalur yang dilintasi untuk memotret berbagai inisiatif pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, swasta, serta kelompok swadaya masyarakat yang akan dirangkum dalam sebuah video dokumenter yang akan menjadi materi kampanye untuk mendorong semua pihak melakukan pengelolaan sampah yang baik," jelasnya.

Wamen LHK mengatakan, sampah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh diperlukan.

Dalam rangka HPSN tahun 2023 ini yang bertemakan "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”, KLHK akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang berfokus pada peningkatan upaya masif dari hulu ke hilir dengan menitikberatkan pada pengelolaan sampah terpadu untuk mendukung tujuan minim sampah hingga terwujud zero emisi.

Sementara Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati dalam laporannya mengatakan, tahun 2023 ini merupakan momentum HPSN yang kembali dilaksanakan secara offline setelah berakhirnya masa pandemi Covid-19. Tahun ini menjadi tahapan baru dalam kehidupan keseharian setelah melalui masa pandemi yang cukup sulit.

"Tahun ini juga menjadi momentum untuk melanjutkan upaya-upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan dan memulai tahapan baru yang lebih maju untuk mewujudkan target-target pengelolaan sampah yang telah disepakati, melalui partisipasi aktif semua pihak mulai dari Pemerintah, Pemda, dunia usaha, Civil Society Organization (CSO) dan Komunitas Masyarakat hingga tingkat tapak," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)