Indonesia Bersama Asean Kolaborasi Menjaga Warisan Budaya Kebaya

Kamis, 09 Februari 2023 - 11:01 WIB
loading...
Indonesia Bersama Asean Kolaborasi Menjaga Warisan Budaya Kebaya
Ketua Umum Sekar Ayu Jiwanta Emi Wiranto bersama Wakil Ketua Timnas Kebaya Indonesia Miranti Serad, Direktur Sosial Budaya Kemlu Penny Dewi Herasati, dan Prof Ismunandar dari Unesco. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Komunitas Kebaya Indonesia menggelar talkshow mengenai pakaian tradisional kebaya . Kegiatan yang dihadiri sejumlah delegasi, tamu kehormatan dari negara-negara sahabat di Asean ini memperkuat kolaborasi dalam menjaga warisan budaya kebaya.

Termasuk Erina Gudono istri Kaesang, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kami membuat serangkaian acara mengenai kisah Kebaya Indonesia untuk 4 negara sahabat,” kata Ketua Panitia yang juga Ketua Umum Sekar Ayu Jiwanta Emi Wiranto, Kamis (9/2/2023).

Menurut Emi, talkshow mengenai kebaya ini digelar di sela-sela workshop lima negara ASEAN yang sedang menyusun naskah bersama untuk pengajuan kebaya ke UNESCO pada 7-8 Februari yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, di Jakarta.



”Dalam merayakan budaya kebaya bersama dengan negara tetangga, Komunitas Kebaya Indonesia yang terdiri dari 12 komunitas kebaya dan didukung lebih dari 400 komunitas ikut berpartisipasi merayakan kebersamaan dan kerja sama budaya ini,” katanya.

Kegiatan yang mengambil tema “Menjaga Tradisi Kebaya Untuk Generasi Muda” ini juga membahas bagaimana Indonesia menjaga dan terus melestarikan tradisi berkebaya.



“Tema ini diambil dalam rangka saling menjaga dan merangkul di ASEAN, mereka punya busana tradisional kebaya seperti halnya Indonesia, karena itu kita sepakat untuk joint nomination,” ucapnya.

Talkshow juga menghadirkan designer senior Musa Widyatmodjo, akademisi dan pegiat kebaya Indiah Marsaban dan Lenny Agustin designer muda perancang kebaya funky. Bincang santai ini juga menampilkan ragam kebaya Indonesia seperti Kebaya Kutu Baru, Kebaya Kartini, Kebaya Noni dan Kebaya Kontemporer yang dibawakan oleh para model salah satunya model papan atas Cathy Sharon.

Secara khusus juga diperagakan Kebaya Labuh serta Kerancang sebagai dua nominator dari Indonesia yang diajukan ke UNESCO bersama kebaya dari empat negara peserta lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)