Menkominfo Besok Akan Diperiksa Kejagung, Berikut Data dan Faktanya

Rabu, 08 Februari 2023 - 16:03 WIB
loading...
Menkominfo Besok Akan Diperiksa Kejagung, Berikut Data dan Faktanya
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) akan memeriksa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate. Menkominfo akan diperiksa dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan tower Base Transceiver Station (BTS) 4G oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

"Rencana Kamis kami panggil Menteri Kominfo," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (8/2/2023).

Kasus yang diduga merugikan keuangan negara sebara Rp1 triliun tersebut juga menyeret nama Plate sebagai pejabat tinggi. Terkait rencana pemeriksaan besok, Johny G Plate mengaku siap memberikan penjelasannya di Kejagung.

"Saya sedang di Medan mengikuti Hari Pers Nasional 2023 (hari ini dan besok). Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai," kata Johny kepada MNC Portal Indonesia.



Dia diperiksa dalam kasus tersebut untuk didalami alasan ikut bepergian ke luar negeri apakah terkait dengan kasus BAKTI atau dalam rangka hal lain.

4. Bawahan Plate telah jadi tersangka

Kejagung telah menetapkan lima orang tersangka dalam kasus tersebut. Salah satu yang ditetapkan adalah anak buah Plate yaitu Anang Achmad Latif selaku Direktur Utama BAKTI Kemenkominfo.

Dia mempunyai sejumlah peran salah satunya sengaja mengeluarkan peraturan yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak terwujudnya persaingan usaha yang sehat serta kompetitif dalam pendapatkan harga penawaran.

Kasus ini terungkap pada November 2022 lalu, nilai anggaran yang diketahui penyidik dalam proyek pembangunan dan penyediaan infrastruktur BTS 4G BAKTI Kemenkominfo ini berkisar Rp10 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)