2 Komandan Kopasgat Kelahiran Jakarta, Nomor Terakhir Mantan Danpaspampres

Selasa, 07 Februari 2023 - 15:50 WIB
loading...
2 Komandan Kopasgat Kelahiran Jakarta, Nomor Terakhir Mantan Danpaspampres
Terdapat dua Komandan Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) kelahiran Jakarta yang bisa diketahui. Foto DOK Tangkapan layar YouTube Jenderal Andika Perkasa
A A A
JAKARTA - Terdapat dua Komandan Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) kelahiran Jakarta yang bisa diketahui. Mereka adalah Marsda Eris Widodo Yuliastono dan Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Kopasgat atau juga dikenal sebagai Korps Baret Jingga merupakan pasukan elit milik TNI AU berkemampuan tiga matra, yakni udara, laut, dan darat.

Sebelum menyandang nama Kopasgat, satuan ini bernama Korps Pasukan Khas (Korpaskhas). Kemudian nama tersebut diganti setelah diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor Kep 66/1/20226 pada 21 Januari 2022.

Baca juga : Tingkatkan Kemampuan Tempur, Kopasgat Terjunkan Pasukan di Lanud Hasanuddin

Sepanjang sejarahnya Kopasgat telah dipimpin oleh 27 nama Perwira Tinggi TNI AU, dua di antaranya berasal dari Ibu Kota.

Berikut profil singkat 2 Komandan Kopasgat kelahiran Jakarta :

1. Marsekal Muda TNI (Purn) Eris Widodo Yuliastono

Marsda Eris Widodo Yuliastono lahir di Jakarta pada 11 Juni 1964. Sebelum pensiun, dia sempat menjabat sebagai Komandan Kopasgat.

Jebolan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 ini mulai menjabat sebagai Komandan ketika satuan baret jingga masih bernama Korpaskhas di tahun 2018 dan pensiun pada Juni 2022 usai satuan berubah nama menjadi Kopasgat.

Sebelumnya, Marsda Eris juga sempat mengisi beberapa posisi strategis di pasukan elit TNI AU ini. Seperti Wakil Komandan Korpaskhas pada 2018, Inspektur Korpaskhas tahun 2015, dan Pabandya Rendalpers Mako Korpaskhas di tahun 2000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)