Publik Anggap Perindo Parpol Peduli Sektor Pertanian

Minggu, 05 Februari 2023 - 21:41 WIB
loading...
Publik Anggap Perindo Parpol Peduli Sektor Pertanian
Hasil survei Political Weather Station (PWS) menunjukkan Partai Perindo menjadi salah satu parpol yang dianggap peduli pada sektor pertanian. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) menjadi salah satu partai politik yang dianggap peduli pada sektor pertanian. Hal itu diketahui dari hasil survei Political Weather Station (PWS) pada Januari 2023.

"Partai besutan Hary Tanoesoedibyo ini juga dipersepsikan publik sebagai salah satu partai yang peduli masalah pertanian bersama Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan Partai Golkar," kata peneliti PWS, Sharazani dalan rilis resmi yang diterima MPI, Minggu (5/2/2023).

Dalam survei, PWS menanyakan kepada responden, dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, partai apakah yang menurut Anda paling memiliki perhatian atau kepedulian terhadap masalah pertanian? Menurut Sharazani, sebagian besar responden atau 30,9%memandang tidak ada partai yang peduli terhadap masalah pertanian. Namun di luar itu, sebanyak 14,8% menilai Partai Gerindra peduli pada sektor pertanian. Disusul PDIP 13,9%, Partai Golkar 9,6%, dan Perindo 6,7%.

Baca juga: Survei PWS: Perindo Satu-satunya Parpol Nonparlemen yang Berpeluang Lolos ke Senayan

"Sebanyak 6,7% responden menilai Partai Perindo peduli terhadap masalah pertanian di republik ini," katanya.

Survei PWS dilaksanakan dari 23 sampai 31 Januari 2023 di 34 provinsi Indonesia. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner. Dalam survei kali ini, sebanyak 1.200 responden diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systemic random sampling). Sementara, margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ┬▒2,83%, pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca juga: Politikus Perindo: Perbaikan Transportasi Umum Harus Jadi Prioritas Sebelum Bangun ERP

"Responden terdistribusi 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta 60% penduduk pedesaan dan 40% penduduk perkotaan," kata Sharazani.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2095 seconds (10.177#12.26)