Profil Partai Nasdem : Sejarah, Visi Misi dan Makna Logo

Jum'at, 03 Februari 2023 - 14:19 WIB
loading...
Profil Partai Nasdem : Sejarah, Visi Misi dan Makna Logo
Partai Nasdem merupakan sebuah partai politik di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Nasdem merupakan sebuah partai politik di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Kelahiran Partai Nasdem tidak bisa dipisah dari Visi dan misi utama Organisasi Kemasyarakatan Nasional Demokrat.

Organisasi yang didirikan Surya Paloh tersebut mempunyai tujuan utama, yaitu “Menggalang Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia”.

Nama Partai Nasdem muncul pada tahun 2013 sebagai 10 Partai politik yang lolos tahapan verifikasi administrasi dan faktual. Dari 10 partai tersebut hanya Partai Nasdem yang lolos sebagai peserta pemilu pada tahun 2014.

Baca juga : Profil Partai Demokrat: Sejarah, Pendiri dan Struktur Organisasi

Sejarah Berdirinya Partai Nasdem

Partai Nasdem sendiri dideklarasikan kelahirannya pada tanggal 26 Juli 2011 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta. Pendeklarasian ini hanyalah satu dari tahapan panjang perjalanan Partai Nasdem.

Untuk mendapatkan status resmi menjadi sebuah partai, Nasdem kemudian didaftarkan sebagai partai politik ke Kementerian Hukum dan Hak-hak Asasi Manusia pada 27 Juli 2011 dan mendapatkan ketetapan partai pada 11 November 2011.

Kongres pertama dalam partai ini digelar pada tanggal 25-26 Januari 2013 di Jakarta dan menjadi awal sejarah perjalanan Partai Nasdem.

Pada kongres pertamanya ada banyak keputusan penting yang telah dikeluarkan. Salah satunya menetapkan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem periode 2013-2018.

Dikutip dari laman resmi Nasdem, Keputusan tersebut diambil dalam sidang pleno pertama yakni pada tanggal 25 Januari 2013 sekitar pukul 23.00 WIB. Dari seluruh peserta partai sepakat mengangkat Surya Paloh sebagai ketua Partai.

Kongres tersebut juga memberikan mandat kepada Surya Paloh untuk menyusun kepengurusan dan juga menentukan kebijakan guna memenangi Pemilihan Umum Legislatif 2014.

Pada tahun 2014 melalui Surya Paloh, Nasdem berhasil membuat sejarah baru dengan menjadi peserta pemilu dan mendapatkan nomor urut 1 dari peserta pemilu 2014.

Baca juga : Profil Partai Garuda, dari Sejarah hingga Capaian dalam Pemilu

Visi dan Misi Partai Nasdem

Visi Partai Nasdem

Indonesia yang merdeka sebagai negara bangsa, berdaulat secara ekonomi, dan bermartabat dalam budaya.

Misi Partai Nasdem

1. Membangun Politik Demokratis Berkeadilan berarti menciptakan tata ulang demokrasi yang membuka partisipasi politik rakyat dengan cara membuka akses masyarakat secara keseluruhan. Mengembangkan model pendidikan kewarganegaraan untuk memperkuat karakter bangsa, serta melakukan perubahan menuju efisiensi sistem pemilihan umum. Memantapkan reformasi birokrasi untuk menciptakan sistem pelayanan masyarakat. Melakukan reformasi hukum dengan menjadikan konstitusi UUD 1945 (Undang-Undang Dasar tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima) sebagai kontrak politik kebangsaan.

2. Menciptakan Demokrasi Ekonomi melalui tatanan demokrasi ekonomi maka tercipta partisipasi dan akses masyarakat dalam kehidupan ekonomi negara, termasuk di dalamnya distribusi ekonomi yang adil dan merata yang akan berujung pada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dalam mewujudkan cita-cita ini maka perlu untuk mendorong penciptaan lapangan kerja, sistem jaminan sosial nasional, penguatan industri nasional, serta mendorong kemandirian ekonomi di tingkat lokal.

3. Menjadikan Budaya Gotong Royong sebagai karakter bangsa. Dalam mewujudkan ini maka sistem yang menjamin terlaksananya sistem pendidikan nasional yang terstruktur dan menjamin hak memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan yang menciptakan solidaritas dan soliditas nasional, sehingga seluruh rakyat Indonesia merasakan cita rasa sebagai sebuah bangsa dan menjadikan gotong royong sebagai amalan hidup keseharian. Kebudayaan ini akan menciptakan karakter bangsa yang bermartabat dan menopang kesiapan Negara dalam kehidupan global.

Makna Logo Partai Nasdem

Adapun penjabaran arti gambar logo Partai NasDem adalah sebagai Berikut:

1. Lingkaran Biru Bermakna Kemerdekaan, gagasan baru, kecepatan dalam mengambil keputusan, ketepatan bertindak, keberanian, kewaspadaan, kepercayaan diri dan ketangguhan dalam berjuang.

2. Dua siluet berwarna kuning bermakna gotong royong, harmonisasi antara modernitas
dan kearifan lokal, menjunjung tinggi kesetaraan sosial, mengusung percepatan ekonomi
dan keadilan distribusi pada saat yang sama.

Warna kuning juga melambangkan kemakmuran, seperti warna padi yang siap dipanen, melambangkan gagasan yang selalu segar dan siap diimplementasikan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)