Gus Yahya Tegaskan NU Bukan Hanya di PKB

Kamis, 02 Februari 2023 - 11:12 WIB
loading...
Gus Yahya Tegaskan NU Bukan Hanya di PKB
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, bahwa Ormas NU bukan hanya orang-orang PKB saja. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, Ormas NU bukan hanya orang-orang PKB saja. Melainkan seluruh berbagai partai politik maupun pemerintah.

" NU sekarang sudah banyak yang di parlemen, bukan hanya di PKB saja," kata Gus Yahya di Kantor PBNU Jakarta, Rabu (1/2/2023).

"Walaupun dikatakan bahwa NU ini PKB, PKB NU, terang-terangan aja saya. Tapi nyatanya di luar PKB juga banyak," tambahnya.

Gus Yahya mengatakan, warga NU tersebar di berbagai instansi pemerintah. Semua itu pun kata dia, mempunyai relasi yang baik dengan NU.

"Di dalam dalam pemerintahan juga banyak, pejabat yang NU itu semua polisi, di pengadilan semua ada dan semua ada dalam jaringan yang kita punya komunikasi yang baik sekali," ujarnya.

Baca juga: Respons PBNU dan PKB, SAS Institute: Nahdlatul Ulama Rumah Perjuangan Umat

Mantan Jubir Presiden RI ke 4 ini mengatakan, NU dapat memberikan aspirasinya kepada pemerintah tanpa perlu menjadi pihak yang berkompetisi dalam politik. NU lanjutnya akan menggunakan saluran-saluran yang tidak menimbulkan akibat memposisikan NU sebagai kubu kekuasaan, kubu politik.

"Kita bisa melakukan upaya untuk ikut serta mempengaruhi agregrasi politik melalui saluran-saluran lain. Tapi sekali lagi tidak memicu benturan kekuasan di publik, itu harus dihindari," tuturnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, jika NU membuat artikulasi publik tentang masalah-masalah yang menyangkut poltik, maka tujuannya harus pendidikan dan tidak boleh tujuan yang lain.

"Kalau kita mengartikulasi publik harus untuk pendidikan tidak bisa selain itu," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua PBNU Ishfah Abidal Aziz (Gus Alex) yang keberatan DPP PKB menyanyikan Mars Satu Abad NU dan mencantumkan logo Satu Abad NU.

"Bagi kami, mars ini sangat sakral, jadi jangan digunakan untuk kepentingan politik PKB," ujar Gus Alex dalam keterangannya, Senin (30/1/2023).

Sementara itu beredar video Sarasehan Satu Abad NU yang digelar PKB dengan menggunakan latar Backsound Mars 1 Abad NU karya KH Mustofa Bisri. Video ini lantas diunggah di akun resmi PKB.

Acara yang digelar di Jakarta 30 Januari 2023 ini bukan saja dihadiri kader PKB, namun juga warga dan keluarga besar NU secara umum.

Juga terlihat KH Said Aqil Siroj Ketua Umum PBNU periode 2010-2015 dan 2015-2020. Yang hingga saat ini masih memiliki pengaruh yang kuat di akar rumput NU.

Dalam acara tersebut Muhaimin Iskandar (Cak Imin) selaku Ketua Umum PKB mengingatkan kembali dua fatwa atau warisan pendiri NU.

Pertama dari KH Hasyim Asyari yang mengatakan "Siapa pun yang Berjuang dan Memperjuangkan NU, Maka Otomatis Menjadi Santriku" dan kedua dari KH Syamsuri yang mengatakan "Seluruh Hidupku, Aku Berjuang untuk NU."

Acara refleksi ini juga melibatkan para budayawan, akademisi, dan praktisi dalam melihat dimensi perjuangan warga NU di masa depan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)