Resmikan Pasar Seni Sukawati, Jokowi Berharap Kunjungan Wisatawan ke Bali Meningkat

Rabu, 01 Februari 2023 - 21:06 WIB
loading...
Resmikan Pasar Seni Sukawati, Jokowi Berharap Kunjungan Wisatawan ke Bali Meningkat
Presiden Jokowi mengapresiasi selesainya pembangunan Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengapresiasi selesainya pembangunan Pasar Seni Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar yang telah berdiri sejak 1985 tersebut sempat mengalami kerusakan dan kini telah selesai dibangun kembali.

"Ini adalah pasar rakyat, kita dulu ingat yang lama seperti apa dan sekarang kita lihat yang baru seperti apa," ujar Jokowi dalam sambutannya saat peresmian pada Rabu (1/2/2023).

Kepala Negara mengatakan, pasar rakyat tersebut mengalami perubahan yang sangat drastis, salah satunya dengan penataan produk-produk yang lebih rapi dan tertata. Presiden pun berharap Pasar Seni Sukawati akan semakin dikenal. "Inilah pasar rakyat yang kita harapkan gaungnya Pasar Sukawati ini akan semakin baik ke depannya," kata Kepala Negara.



Selain itu, Jokowi juga berharap agar wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali akan semakin meningkat. Apalagi setelah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu.

"Kita juga tahu setelah PPKM dicabut, PPKM telah dicabut di akhir Desember tahun lalu, kita harapkan turis-turis akan makin banyak ke Pulau Dewata, Pulau Bali, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara," kata Jokowi.



Sebagai informasi, Pasar Seni Sukawati terdiri dari tiga bagian bangunan yaitu blok A, B, dan C. Blok A memiliki 779 los pedagang, Blok B memiliki 31 kios, dan Blok C memiliki 525 los dan 64 kios dibangun dengan anggaran sebesar Rp161 miliar. Pembangunan pasar tersebut telah dilakukan sejak 2020 hingga 2022.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan pembangunan Pasar Seni Sukawati tidak hanya membangun pasar, tapi juga fasilitas parkir basement dan jumlah kios yang lebih banyak dari sebelumnya.

“Jadi kami tidak hanya membangun bangunan untuk pasar, tapi juga membangun fasilitas parkir di basement untuk mengatasi kemacetan. Selain itu juga, kios pasar yang dibangun lebih banyak untuk menampung pedagang yang lebih banyak lagi. Sehingga pasar sudah lebih nyaman untuk turis domestik dan mancanegara,” kata Basuki.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)