Syarikat Islam Dukung Inggit Garnasih Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 30 Januari 2023 - 07:40 WIB
loading...
Syarikat Islam Dukung Inggit Garnasih Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional
Inggit Garnasih dan Soekarno. Foto/Arsip Sejarah/Sampoer Merah
A A A
JAKARTA - Inggit Garnasih , istri dari Soekarno didukung untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Dukungan ini datang dari Sekretaris Jenderal Syarikat Islam, Ferry Juliantono.

Pernyataan Ferry Juliantono tersebut merupakan respons dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri melalui Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan pesan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, untuk memperjuangkan Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional.

"Ibu Inggit Garnasih sebagai pribadi dan selaku istri Bapak Ir Soearno banyak berjasa dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan. Terutama perannya dalam memberi spirit kejuangan bagi Bapak Ir Soekarno dalam memerjuangkan Indonesia menuju kemerdekaan," kata Ferry, Senin (30/1/2023).

Baca juga: Profil Inggit Garnasih, Istri Kedua yang Setia Temani Bung Karno di Masa Sulit

Dijelaskan Ferry, perjuangan pribadi Ibu Inggit cukup besar dalam menyokong Kongres Nasional Syarikat Islam (1916) di Bandung. Ibu Inggit sebagai kader aktif diberi kepercayaan bertugas sebagai koordinator penerima tamu dan menangani dapur umum untuk menyiapkan logistik bagi para perutusan kongres yang datang dari seluruh Nusantara.

"Sebuah kongres penting dimana Ketua Umum Syarikat Islam, HOS Tjokroaminoto untuk pertama kalinya menyampaikan tuntutan agar kaum bumi putera diberi kesempatan dan hak untuk mengatur pemerintahan sendiri (zelf bestuur)," ungkapnya.

"Bagi Tjokroaminoto, bangsa Indonesia harus berjuang sendiri untuk memperoleh kebebasan dan kemerdekaan berpolitik. Jangan mengharapkan belas kasih penjajah, sebab selamanya mereka tidak akan memerdekakan Bumiputera," tambah Ferry.



Lebih lanjut kata Ferry, pidato Tjokroaminoto tentang zelf bestuur memperoleh sambutan luar biasa dan menjadi pembakar semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan.

"Tentunya kesuksesan Kongres Syarikat Islam tersebut tidak bisa dilepaskan dengan peranan Ibu Inggit sebagai panitia. Karena itu menurut Syarikat Islam sangat tepat Ibu Inggit Garnasih ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)