Mutasi TNI, Brigjen Tagar Pujasambada Jadi Kapus Psi BIN

Senin, 30 Januari 2023 - 05:59 WIB
loading...
Mutasi TNI, Brigjen Tagar Pujasambada Jadi Kapus Psi BIN
Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tagar Pujasambada ditunjuk menjadi Kepala Pusat (Kapus) Psikologi Badan Intelijen Negara (BIN). Foto/Dok Dispsiad
A A A
JAKARTA - Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Tagar Pujasambada merupakan salah satu dari 223 perwira tinggi TNI yang terkena rotasi atau mutasi jabatan. Mutasi tersebut tertuang dalam surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tertanggal 16 Januari 2023.

Tagar Pujasambada sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Kadispsiad). Tagar resmi menjabat sebagai Kadispsiad dalam serah terima jabatan (Sertijab) di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution Lantai III Mabesad, Senin (7/3/2022).



Dalam sertijab yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat itu, Tagar menggantikan Brigjen TNI I Made Riawan yang akan memasuki masa purnabakti.

Dilansir dari laman resmi Dispsiad, Dinas Psikologi Angkatan Darat adalah badan pelaksana pusat di tingkat Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).



Tugas pokok Dispsiad adalah menyelenggarakan pembinaan psikologi personel dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD. Dalam surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/48/I/2023 tertanggal 16 Januari 2023, Tagar ditunjuk menjadi Kepala Pusat (Kapus) Psikologi Badan Intelijen Negara (BIN).

Sedangkan posisi Kadispsiad dijabat oleh Kolonel Inf Heny Setyono. Sebelumnya Heny Setyono menjabat sebagai Sekretaris Dinas Psikologi Angkatan Darat (Setdispsiad).



Sementara itu, berdasarkan surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/255/III/2021 tanggal 24 Maret 2021, Tagar merupakan salah satu dari 99 perwira tinggi (pati) TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat itu. Dalam mutasi kala itu, disebutkan bahwa Kolonel Caj Tagar Pujasambada dimutasi dari Sesdispsiad menjadi Kapus Psi BIN.

Saat itu, Tagar menggantikan Brigjen TNI Gunawan yang dimutasi dari jabatan Kapus Psi BIN menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Tagar tercatat sudah cukup lama berdinas di Dispsiad dari perwira pertama sampai menjabat sebagai Sesdispsiad sebelum dirinya menjabat Kapus Psi BIN.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)